18.6 C
New York
Thursday, September 26, 2024

55 Juta Rakyat Indonesia Cek Kesehatan Gratis Mulai Tahun Depan

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Burhanuddin Abdullah mengungkapkan bahwa pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto akan meluncurkan program cek kesehatan gratis bagi 55 juta rakyat Indonesia mulai 2025.

“Tahun depan ada 55 juta rakyat Indonesia yang akan diperiksa kesehatannya, medical check up gratis,” kata Burhanuddin Abdullah, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (26/9/24).

Ia menambahkan, langkah ini diharapkan dapat membantu menekan prevalensi Tuberculosis (TBC). Di mana Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah penderita TBC terbesar kedua di dunia.

“Ini masalah yang harus kita tangani,” tegas Burhanuddin.

Baca juga: Investasi di Era Prabowo Ditargetkan Naik Jadi Rp 1.900 T

Selain itu, pemerintahan Prabowo akan fokus pada produksi lebih banyak obat dan vaksin, serta mempercepat pendidikan dokter untuk mengatasi kekurangan tenaga medis di Indonesia.

Di bidang pangan, Prabowo-Gibran juga akan mendorong program lumbung pangan nasional untuk memastikan Indonesia bebas dari ketergantungan impor pangan.

“Kita sempat swasembada dulu, dan sekarang kita juga merasakan pertumbuhan penduduk yang besar,” jelasnya.

Selain itu, industrialisasi juga akan menjadi prioritas. Burhanuddin mencatat bahwa Indonesia mengalami deindustrialisasi dini, di mana kontribusi sektor industri terhadap perekonomian menurun dari 29 persen pada era orde baru menjadi hanya 18 persen saat ini. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles