21.3 C
New York
Thursday, May 2, 2024

USU Targetkan Peningkatan Jumlah Peserta IISMA Tahun 2023

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) memasang target peningkatan jumlah peserta yang mengikuti Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023.

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan serangkaian strategi dan juga fasilitas untuk meningkatkan keikutsertaan mahasiswa USU sebagai peserta IISMA 2023.

“Persiapan harus dilakukan secara matang, agar hasil yang diharapkan dapat tercapai,” ujar Muryanto saat menyampaikan arahan dan bimbingan pada Sosialisasi IISMA Tahun 2023 secara daring, Senin (20/2/23) petang.

Baca juga:216 Mahasiswa USU Ikuti Program PMM, 10 Mahasiswa Program IISMA

Muryanto mengatakan, untuk mencapai target peningkatan jumlah tahun ini, USU sudah mengatur serangkaian strategi dan juga fasilitas. Nantinya, peserta juga akan diberikan pendampingan.

Menurut Muryanto, program IISMA sangat penting bagi USU. Program ini mendukung rencana strategi USU, sehingga dapat berdampak pada peningkatan pemeringkatan perguruan tinggi nantinya. Program IISMA juga akan membuka kerja sama yang lebih luas dengan dunia internasional.

“Program ini mendukung Renstra USU terutama pada poin internasionalisasi. IISMA akan meningkatkan Academic Reputation USU dengan bukti perluasan jaringan USU di dunia internasional,” katanya.

Kata Muryanto, progam ini juga memberikan USU kesempatan untuk merasakan perbedaan academic environment. Dia meminta perbedaan ini jangan dianggap sebagai hambatan, melainkan kekuatan untuk menambah ilmu pengetahuan.

Ketua Program IISMA Kemendikbudristek Dr Rachmat A Sriwijaya memastikan jika program ini mencakup tiga aspek utama sebagai taget utama. Target tersebut diharapkan mampu meningkatkan sumber daya pendidikan di Indonesia.

“Kita berharap melalui IISMA, tercipta sumber daya yang mampu mengatasi perkembangan industri. Otomatisasi mengakibatkan hilangnya pekerjaan, sehingga IISMA diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa,” ungkapnya.

Baca juga:Lolos IISMA 2021, Lima Mahasiswa USU Medan Belajar ke Luar Negeri

Selain itu, Rachmat berharap dengan adanya IISMA juga memberikan kesempatan mempelajari kebudayaan negara lain. Mahasiswa IISMA sendiri ditargetkan menyebarkan virus positif pada perkembangan pendidikan di Indonesia.

Sekadar informasi, sebelumnya USU telah mengirimkan 5 orang pada IISMA tahun 2021, dan meningkat di tahun 2022 menjadi 10 orang. Jumlah tersebut meningkat, sehingga USU menargetkan peningkatan kembali pada tahun ini. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles