19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

USU Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan dari BKKBN

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap kependudukan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2023.

Penghargaan itu diterima Rektor USU, Muryanto Amin, dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, pada Selasa (4/7/23) kemarin.

Muryanto melalui keterangannya mengatakan, penghargaan dari BKKBN Pusat ini merupakan apresiasi, karena USU dianggap sebagai pemrakarsa pembentukan Konsorsium Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan (PTPK) di Indonesia.

Baca juga: USU Buka Seleksi Jalur Mandiri untuk 2.137 Kursi, Pendaftaran Mulai 5-12 Juli 2023

“Kita menginisiasi terbentuknya Konsorsium PTPK yang dalam program-programnya, kemudian bersinergi dengan BKKBN dalam mengatasi persoalan atau permasalahan kependudukan di Indonesia,” ujarnya, pada Rabu (5/7/23).

Dia mengatakan, salah satu fokus program kerja dari Konsorsium PTPK adalah persoalan stunting. Selain persoalan stunting, 3 fokus lainnya adalah upaya penghapusan kemiskinan ekstrim, Grand Desain Pembangunan dan Kependudukan (GDPK), serta upaya pembangunan berkelanjutan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

“Jadi perguruan tinggi hadir memberikan solusi melalui program-program strategis dalam skema pengabdian dan penelitian sesuai dengan asas Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mengatasi keempat persoalan tersebut,” sebutnya.

Baca juga: BKKBN Simalungun Gelar Workshop Pemutakhiran PK 23, 9 Kecamatan Jadi Contoh

BKKBN dalam rangka penyelenggaraan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan percepatan penurunan stunting, melakukan jejaring kemitraan dengan lintas sektor secara pentahelix, salah satunya bermitra dengan perguruan tinggi.

BKKBN dan Kemendikbud Ristek kemudian menyelenggarakan kick off meeting pembentukan konsorsium di Universitas Sebelas Maret (UNS), pada November 2022 lalu dihadiri 11 perguruan tinggi di Indonesia.

Melalui forum itu, terpilih sebagai Ketua Konsorsium PTPK adalah Rektor UNS, Wakil Ketua, Rektor Universitas Hasanudin dan Sekretaris, Rektor USU.

Baca juga: BKKBN Catat 1.166.929 Keluarga di Sumut Berisiko Stunting, Ijeck Minta Pemda Tingkatkan Peran

Perguruan tinggi yang bergabung dalam Konsorsium PTPK, di antaranya UNS, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selanjutnya Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Airlangga (Unair), USU) Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Tadulako, Universitas Padang dan Universitas Mulawarman. (ial/ril/hm16)

Related Articles

Latest Articles