14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

USU Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Amerika Serikat

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) terus menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri dan luar negeri. Terbaru, USU membuka peluang kerja sama dengan Amerika Serikat.

Hal itu dibahas saat kunjungan Konsulat Amerika Serikat untuk Indonesia Wilayah Sumatera Gordon S Church ke USU, Kamis (11/11/21).

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, kerja sama yang akan dijalin nantinya lebih menitikberatkan pada bidang pendidikan. Beberapa universitas di Amerika Serikat nantinya diharapkan dapat berkolaborasi dengan USU.

Baca Juga:USU Peringkat 19 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022

Muryanto menilai, kehadiran Mr Gordon di USU tentu untuk melakukan silaturahmi dan mempererat komunikasi yang ada. Di samping itu, mereka membicarakan peluang untuk membuka kerja sama dengan Amerika Serikat terutama dalam bidang pendidikan.

“Seperti diketahui Amerika Serikat memiliki berbagai universitas top dunia. Kita berharap beberapa universitas di Amerika Serikat nantinya dapat menjalin kerja sama dengan kita,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, Muryanto mengaku pihaknya akan menyusun serangkaian program untuk kerja sama tersebut. Beberapa di antaranya akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Beberapa program kita siapkan. Kita berharap dapat mengunjungi beberapa universitas di sana untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, kita berharap dapat melakukan program pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, dan juga penelitian bersama,” ungkapnya.

Baca Juga:Natal Oikumene USU Medan Bakal Diisi Bakti Sosial

Muryanto mengungkapkan, mengusung semangat Transformation Towards the Ultimate, USU menetapkan internasionalisasi kampus sebagai rencana strategis utamanya.

“Upaya internasionalisasi diwujudkan dalam kerja sama dengan berbagai universitas di dunia. Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan keilmuan dan wawasan civitas akademika USU,” tukasnya.

Konsulat Amerika Serikat untuk Indonesia Wilayah Sumatera Gordon S Church sendiri mengapresiasi USU yang telah menerima kunjungannya tersebut. Ia mengatakan, pertemuan ini menjadi penyemangat untuk merealisasikan rencana kerja sama antara USU dan Amerika Serikat.

“Tentu saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas penyambutan kunjungan saya ini. Saya berharap realisasi kerja sama yang kita bicarakan tadi dapat segera terwujud dalam waktu dekat,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles