10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Unimed Siapkan 2.402 Kursi untuk Mahasiswa Baru Melalui Jalur Mandiri

Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka 2.402 kursi bagi mahasiswa baru melalui jalur terakhir yang proses tesnya dilakukan secara internal Unimed berdasarkan hasil Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yakni jalur Seleksi Masuk Mandiri.

Proses pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni sampai dengan 9 Juli 2022 secara online. Hasil tes tersebut menjadi rujukan dalam menentukan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima berdasarkan daya tampung yang telah ditetapkan.

Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000 untuk Saintek/Soshum dan Rp350.000 untuk Campuran. Pendaftar prodi Seni dan Olahraga dikenakan tambahan biaya portofolio sebesar Rp50.000. Untuk pembayaran dapat dibayarkan melalui Bank BNI 46, Bank Mandiri, Bank SUMUT di seluruh Indonesia.

Baca juga:Mahasiswa Unimed Terpilih Jadi Duta Wisata Intelegensia Deli Serdang Tahun 2022

Materi ujian berbentuk Tes Potensi Sekolastik (TPS) menggunakan ujian tes berbasis komputer (UTBK Jalur Mandiri) yang dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Ujian UTBK Seleksi Mandiri akan laksanakan pada 13 – 16 Juli 2022.

Selain tes tersebut, kelulusan Unimed juga dapat dilihat melalui rekognisi prestasi seperti prestasi akademik, prestasi olahraga, prestasi seni, prestasi MTQ/MKQ, Pesparawi atau sejenisnya dan Hafiz Qur’an.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom berharap, bagi lulusan SMA sederajat tahun lulus 2021, 2020 dan 2019 dapat memanfaatkan waktu untuk mendaftar seleksi Mandiri ini.

“Persiapkan diri agar dapat diterima, karena peminat Unimed setiap tahunnya terus meningkat pada jalur SNMPTN dan SBMPTN,” ujarnya, Kamis (9/6/22).

Rektor mengatakan, jika ada masalah dalam proses pendaftaran seleksi mandiri, silahkan hubungi helpdesk dan juga bisa berkunjung ke kantor Humas bagi warga Medan, dengan menerapkan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Panitia juga membuka layanan via what’s app di 08116080820 dan media sosial @unimedofficial,” ucapnya.

Baca juga:Unimed Wisuda 661 Lulusan Mahasiswa Periode Mei 2022

Rektor kemudian mengimbau bagi yang ingin mendaftar jalur Mandiri Unimed dapat memanfaatkan waktu pendaftaran secara baik dan jangan melakukan pendaftaran diakhir-akhir masa pendaftaran.

Hasil seleksi jalur Mandiri akan diumumkan pada 21 Juli 2022 yang dapat dilihat pada situs https://www.unimed.ac.id atau https://sm.unimed.ac.id. Adapun uang kuliah Mandiri berkisar 5 juta sampai dengan 7,5 juta per semester, dimana UKT tersebut tidak ada kenaikan sejak 2018.

Jalur Mandiri Unimed tahun 2022 juga menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K). Bagi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat yang memenuhi persyaratan KIP-K, bisa mengajukan beasiswa KIP-K melalui jalur ini. Ikuti prosedur pendaftaran secara baik pada situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles