17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Unimed Apresiasi Kenaikan Anggaran Riset untuk Kampus

Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) memberikan apresiasi atas rencana kenaikan anggaran riset untuk perguruan tinggi, Kamis (24/1/24).

Kepala Humas Unimed, M Surip mengatakan anggaran tersebut sangat penting saat melakukan penelitian.

“Tentu semua kampus mengapresiasi rencana presiden menaikkan anggaran riset untuk ilmuwan-ilmuwan Indonesia. Sudah seharusnya kita bisa belajar dari negara-negara maju yang pemerintahnya menetapkan anggaran cukup besar untuk penelitian agar hasilnya dapat menyahuti seluruh permasalahan bangsa dan masyarakat,” jelasnya.

Kemudian, ia menilai tidak ada negara maju di dunia yang anggaran penelitiannya sedikit, sebab para ilmuwan membutuhkan waktu dan proses yang tepat.

Baca juga: LPPM Unimed Sosialisasikan Pedoman Penelitian dan PKM kepada Seluruh Dosen

“Oleh karena itu jika presiden memutuskan anggaran penelitian akan dinaikkan, itu suatu hal baik dan menjadi energi baru bagi ilmuwan-ilmuwan muda Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Surip menyampaikan setelah para ilmuwan nantinya berhasil menghasilkan berbagai kajian penelitian, hasil penelitian tersebut harus dijadikan bahan untuk kebijakan-kebijakan pemerintah dalam menangani semua permasalahan bangsa.

“Tentu kebijakan ini harus dibarengi dengan regulasi yang lebih baik dan mempermudah akses bagi dosen, mahasiswa dan praktisi untuk meneliti semua hal masalah bangsa dan kemajuan teknologi. Regulasi di pusat dan kampus harus sejalan dan mempermudah bagi semua pihak, bukan mempersulit,” imbuhnya.

Baca juga: Dosen Kimia FMIPA Unimed Join Research 3 Tahun di Shinshu University Jepang

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Makarim agar menaikan anggaran dana riset untuk perguruan tinggi saat membuka Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kampung Lidah Wetan Surabaya, Senin (15/1/24) lalu. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles