10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

UMSU Gelar Vaksinasi Covid-19 Lintas Agama untuk 1.000 Peserta

Medan, MISTAR.ID

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan vaksinasi COVID-19 secara massal kepada 1.000 peserta dari civitas akademika dan para tokoh lintas agama yang dipusatkan di Kampus UMSU Jalan Muktar Basri Medan, Sabtu (10/4/21).

Pelaksanaan vaksinasi dibuka secara resmi oleh Koordinator Substansi Pendayagunaan Sumber Daya dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, dr Indro Purwoko.

“Kementerian Kesehatan sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi lintas agama yang dilaksanakan di UMSU. Ini bentuk sebuah kontribusi aktif dari civitas akademika dan lintas agama dalam upaya meningkatkan cakupan atau pelaksanaan program vaksinasi massal,” ujarnya.

Baca Juga: 570 Pegawai PLN di Sumut Divaksinasi

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Kampus UMSU sudah ditata dan berjalan dengan baik. Pihaknya berharap dalam pelaksanaan vaksin ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa kebutuhan vaksinasi sangat diperlukan.

Purwoko mengatakan, selanjutnya dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 tahap kedua diharapkan juga bisa kembali direncanakan dengan baik, karena pemahaman masyarakat yang terus berkembang mungkin menginginkan untuk ikut divaksin.

“Artinya ketika ada saudaranya atau temannya yang sudah divaksin tentu bisa jadi muncul keinginan ikut juga minta divaksin. Kami dari Kementerian Kesehatan tentu tidak dapat bekerja sendiri dan butuh kontribusi dari berbagai pihak dan Ini salah satu wujud dari kontribusi tersebut,” katanya.

Baca Juga: Vaksinasi Massal Drive Thru Di Medan, 60 Ribu Dosis Vaksin Disiapkan

Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengatakan, sebagai perguruan tinggi pihaknya tidak hanya fokus pada pendidikan, namun juga fokus pada kegiatan sosial sebagai sumbangsih kepada bangsa yang sedang menghadapi masalah pendemi Covid-19.

Vaksinasi massal yang dilakukan, kata Agussani, bagian dari tanggungjawab UMSU untuk turut berpartisipasi secara langsung bagaimana program vaksinasi yang dijalankan secara nasional berjalan dengan baik agar pandemi ini dapat segera berakhir.

“Dalam menggelar vaksinasi massal ini kita didukung penuh Kemenkes, Dinkes dan Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan,” katanya.

Baca Juga: 1.054 Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Medan, Libatkan 12 Tim Vaksinator

Agussani menjelaskan, UMSU memiliki sejumlah fasilitas seperti rumah sakit, Fakultas Kedokteran, tenaga kesehatan dan relawan yang setiap saat siap diterjunkan dalam membantu pemerintah menekan Covid-19.

Ketika ada tawaran dari Kemenkes untuk melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat termasuk lintas agama, kata Agussani, pihaknya dengan sigap langsung membentuk kepanitiaan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Meski waktunya cukup singkat, Alhamdulillah apa yang kita laksanakaan berjalan dengan baik didukung semua pihak dan dorongan PP Muhammadiyah serta Kemenkes. Kita tahu cukup banyak yang datang ke UMSU untuk ikut vaksinasi, namun kita membatasi pendaftaran lebih kurang 1000 orang,” katanya.

Ia juga menyampaikan setelah berkoodinasi dengan PP Muhammadiyah dan Kemenkes, kegiatan seperti itu tidak hanya digelar sekali itu saja, melainkan akan ada kelanjutannya.

“Ini adalah tahap pertama dan akan ada tahap berikutnya. FKUB juga sudah menyampaikan bahwa ada beberapa anggotanya yang belum melaksanakan vaksinasi,” pungkasnya.(ial/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles