23.7 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Umat Hindu di Medan Gelar Perayaan Adhi Maha Puja

Medan, MISTAR.ID

Umat Hindu di Medan menggelar perayaan Adhi Maha Puja di depan Shri Muniandi Kuil, Jalan Cik Ditiro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Minggu (21/7/24) sore.

Tokoh Muda Hindu, R Mahendra Mohan Chettiar mengatakan, perayaan tersebut rutin dilakukan di masa bulan Adhi yang jatuh di antara bulan Juli ke Agustus setiap tahunnya.

“Adhi Maha Puja ini sebenarnya memperingati dimana kalau kita di Hindu ini memasuki bulan Adhi. Bulan Adhi ini identik dengan panas, jadi untuk meredam rasa panas itu umat Hindu Tamil membuat bubur dan dibagikan ke umat,” ujarnya.

Baca Juga : Rayakan Nyepi, Umat Hindu Kota Medan Gelar Upacara Mecaru

Mahendra menjelaskan, pada Adhi Maha Puja tersebut berbagai kegiatan pun dilakukan sesuai kepercayaan niat bagi umat Hindu Tamil. Kegiatan seperti berbagi makanan, menusuk lidah dengan besi dan kegiatan lainnya pun meramaikan Adhi Maha Puja.

“Event nya ini untuk membayar niat seperti membagikan makanan, ada juga dengan cara menusuk lidah dengan besi,” tuturnya.

Dia pun menyebut Adhi Maha Puja tahun ini juga memiliki makna dan harapan bangsa Indonesia bisa damai dan sejahtera. “Tujuannya itu untuk melaksanakan nazar masing-masing, makna kegiatan ini supaya negara Indonesia ini agar damai dan sejahtera,” pungkasnya. (iqbal/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles