12.7 C
New York
Friday, October 25, 2024

UINSU Medan Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Medan, MISTAR.ID

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan meraih akreditasi perguruan tinggi (APT) unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Sabtu, 19 Oktober.

Predikat akreditasi unggul ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: 1936/SK/BAN-PT/AK/PT/X2024.

Rektor UINSU, Prof Dr Nurhayati, menyampaikan rasa syukur atas penetapan dari BAN-PT bahwa UINSU kini terakreditasi unggul.

Baca juga:Demi Biaya Kuliah, Mahasiswi UINSU Ini Gigih Belajar Kopi dan Jual Gorengan 

“Diharapkan pencapaian ini menjadi motivasi untuk tampil lebih baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi Islam di Sumut khususnya, dan di Indonesia serta ASEAN pada umumnya,” katanya melalui keterangan tertulis yang didapat Mistar.id, Senin (21/10/24).

Upaya meraih akreditasi unggul ini, lanjutnya, dimulai sejak lama dan penuh perjuangan. Beberapa langkah yang diambil termasuk meraih akreditasi unggul di tingkat program studi, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas kurikulum, pelayanan pendidikan, digitalisasi, serta peningkatan kuantitas dan kualitas kerja sama dalam dan luar negeri. Semua ini dilakukan untuk memenuhi sembilan indikator penilaian akreditasi perguruan tinggi.

Prof Nurhayati menjelaskan bahwa semua fakultas, unit, dan lembaga di UINSU digerakkan secara optimal untuk meningkatkan kinerjanya.

“Ditandai dengan puluhan program studi yang meraih akreditasi unggul, termasuk program studi doktoral, serta Klinik Pratama UINSU yang baru-baru ini meraih akreditasi paripurna,” tambahnya.

Baca juga:Diduga Korupsi di UINSU, Eks Pemain Timnas Indonesia U-20 Ditangkap Jaksa

Selain itu, peningkatan sarana dan fasilitas serta berbagai kerjasama kelembagaan juga diakuinya berhasil dijalin dengan lembaga pendidikan tinggi, pemerintah daerah, dan mitra perusahaan.

Sambungnya, asesmen lapangan (AL) dari BAN-PT yang digelar di Kampus IV Durin Jangak, Tuntungan, Kota Medan pada 11-13 Oktober lalu menjadi puncak dari segala usaha yang dilakukan.

Lima asesor nasional dari BAN-PT, yang juga merupakan guru besar dari berbagai kampus kenamaan di Indonesia, turut hadir dalam proses asesmen ini.

“Proses AL berjalan dengan lancar dan terukur, para asesor juga meninjau beberapa lokasi kampus lain di Kota Medan,” jelas Nurhayati.

Baca juga:Alumni UINSU Sukses Mulai Usaha Kreatif Balon Tanpa Modal

Hanya berselang sekitar seminggu, terangnya, BAN-PT menerbitkan SK sebagai tanda ketetapan peraihan unggul oleh UINSU Medan.

Nurhayati berharap dengan pencapaian unggul ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UINSU Medan sebagai lembaga pendidikan tinggi keislaman yang kredibel dan bergengsi.

“Akreditasi ini penting bagi peningkatan mutu lembaga dan sangat berarti bagi mahasiswa dan lulusan untuk meneruskan karier di dunia kerja dan industri di masa mendatang. Akreditasi unggul ini juga merupakan bentuk tanggung jawab pengelolaan kampus yang baik untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” tutupnya. (susan/hm17)

Related Articles

Latest Articles