21.8 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

UINSU Jadi Pelaksana UM-PTKIN 2024

Medan, MISTAR.ID

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Tuntungan jadi tuan rumah pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2024. Pelaksanaan ujian berlangsung selama tujuh hari, dimulai dari 24 hingga 30 Juni 2024.

Kegiatan ini diikuti ribuan calon mahasiswa dari berbagai daerah yang berharap bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi agama Islam negeri.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan mengatakan, UINSU menempati peringkat keenam nasional kampus paling diminati dalam pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024.

UM-PTKIN adalah seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menjaring calon mahasiswa yang berpotensi di berbagai program studi keagamaan Islam.

Baca juga: UINSU Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM

“Tahun ini, peserta ujian di UINSU mencapai 4.544 pendaftar,” kata Prof Azhari saat peninjauan sekaligus konferensi pers pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM PTKIN 2024 di Kampus IV Durin Jangak, Tuntungan, Medan di hari pertama, Senin (24/6/24).

Namun yang mengikuti ujian di kampus IV Tuntungan hanya sebanyak 3.948 peserta. Selebihnya, mengikuti ujian dari kota masing-masing di luar Sumatera Utara.

Pantauan mistar.id, pelaksanaan ujian berjalan tenang dan kondusif di Kampus IV UINSU Tuntungan.

Baca juga: Kehadiran Kampus UINSU di Tuntungan Bawa Berkah Bagi Warga Sekitar

Seorang peserta ujian yang berasal dari SMA Swasta Widya Dharma, Aulia Rahmadini Tarigan (18), mengungkapkan kegembiraannya setelah mengikuti ujian.

“Saya berharap bisa diterima di Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Ujiannya cukup menantang, tapi saya sudah berusaha maksimal,” katanya dengan penuh harap saat ditemui di lokasi ujian.

Hasil seleksi UM-PTKIN akan diumumkan pada 8 Juli 2024, dan para calon mahasiswa yang lulus akan memulai perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025. (azmie/hm20)

Related Articles

Latest Articles