32.2 C
New York
Tuesday, July 9, 2024

Total Calon Jemaah Haji yang Wafat Asal Sumut Enam Orang

Medan, MISTAR.ID

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Sumut) H. Ahmad Qosbi menuturkan hingga saat ini ada sebanyak enam calon jemaah haji asal Sumut yang meninggal dunia.

“Tiga diantaranya meninggal dunia di Mekah dan tiga lainnya meninggal dunia sebelum berangkat ke Mekkah. Dua jemaah meninggal di Asrma Haji dan satu di Rumah Sakit Haji Medan,” katanya pada wartawan, Jumat (16/6/23).

Adapun data jemaah yang meninggal dunia teranyar bernama Nur Zaitun Muhammad berusia 72 tahun asal Sergai. Almarhum masuk pada kelompok terbang (kloter) 17. Dengan alamat di Jalan Dusun PON Sei Bamban atau Kampung Pon. Wafat sekitar pukul 22.40 WIB di RS Haji Medan, pada Kamis (15/6/23).

Baca juga: Kloter 24 Medan Bergabung dengan Jemaah Asal Solo

Jemaah tersebut sempat seminggu di rawat di Rumah Sakit Haji dengan riwayat sakit stroke.

Dikatakan Kabid Penerimaan dan Pemulangan Panitia Penerimaan PPIH Embarkasi Medan, Torang Rambe pihaknya sudah melakukan penghitungan harta peninggalan jamaah.

“Kita hitung harga peninggalannya. Kita catat dan kita serahkan pada keluarga yang bersangkutan,” katanya seraya menambahkan almarhum juga akan diberikan asuransi sebesar BPIH.

Sementara itu untuk data jemaah lainnya yakni atas nama Mangaraja Buaya Harahap berusia 90 tahun meninggal di Asrama Haji Medan, Selasa (13/6/23) sekira pukul 11.15 WIB.

Baca juga: Sore Ini, Jamaah Haji Kloter 17 Menuju Bandara Internasional Kualanamu

Lalu, jemaah atas nama Abdul Hakim usia 64 tahun. Almarhum warga Jalan Mesjid Taufiq Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan wafat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) pada 12 Juni 2023 sekira pukul 03.59 waktu setempat.

Keempat atas nama Muzerah Asnawi Maula usia 66 tahun warga Jalan Setia Budi Gang Rambe Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Perjuangan. Jemaah Muzerah wafat di RSAS. Begitu juga Suhaimi Aris Kliwon usia 74 tahun warga Tangguk Bongkar II Tegal Sari Mandala II Medan Denai wafat di RSAS.

Sementara, Habibah Saleh usia 59 tahun warga Dusun Kelambir V Kampung Dusun I Klambir V Kampung Hamparan Perak, Langkat wafar di Asrama Haji Medan.

Baca juga: Lepas 252 Calon Jamaah Haji Sergai, Bupati: Jaga Kesehatan

Adapun jemaah yang meninggal di Tanah Suci dimakamkan di Sharae. Jemaah yang wafat di Tanah Air dibawa ke kampung halaman masing-masing. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles