19 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Tindaklanjuti Instruksi Wali Kota, Kecamatan Helvetia Lakukan Pemetaan Titik Banjir

Medan, MISTAR.ID

Permasalahan banjir merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution. Tak henti-hentinya, orang nomor satu di Pemko Medan itu terus mendorong seluruh OPD dan jajarannya untuk bergerak cepat dan masif dalam mengatasi permasalahan banjir.

Menindaklanjuti hal itu, Kecamatan Medan Helvetia langsung bergerak cepat dengan melakukan pemetaan titik banjir dan genangan air di wilayahnya.

Camat Medan Helvetia Putera Ramadhan Situmeang mengatakan, bahwa saat ini pihaknya fokus mengatasi permasalahan banjir di Perumahan Bumi Asri. “Kawasan tersebut kerap banjir. Kami juga sudah menurunkan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta juga berkolaborasi dengan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan dalam mengatasi permasalahan tersebut,” ucap Putera, Kamis (4/5/23).

Baca Juga:DPRD Minta Dinas Perkim dan PU Atasi Genangan Air dan Banjir di Kota Medan

Selain itu, kata Putera, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengelola perumahan, hanya saja hasilnya belum maksimal karena normalisasi Sungai Bedera yang dilakukan masih terkendala. “Ada kendala dalam menormalisasi Sungai Bedera dan pembuatan drainase di belakang tembok Perumahan Bumi Asri yang bersebrangan dengan wilayah Pasar 1,” katanya.

Adapun kendala lainnya, jelas Putera, pihak pengelola perumahan juga belum memberikan jawaban terkait antisipasi kemungkinan tembok roboh. “Normalisasi yang dilakukan juga terhalang karena ada 3 objek yang belum diselesaikan (ganti untung), di antaranya Perumahan Bumi Asri dan De Casa Villa. Meski demikian, kami akan berupaya agar normalisasi dapat dilakukan, sehingga persoalan banjir di kawasan ini dapat diatasi, termasuk bekerja sama dengan jajaran Pemkab Deli Serdang dalam membersihkan Sungai Bedera,” jelasnya.

Baca Juga:Mudik Lebaran, PT KAI Siapkan 70 Armada Kereta Api Setiap Hari di Sumut

Putera mengungkapkan, saat ini pihaknya terus secara masif melakukan pembersihan drainase dan selokan guna mengatasi titik-titik genangan air yang ada di Kecamatan Medan Helvetia.

“Kami juga rutin melaksanakan gotong royong yang dilakukan kepala lingkungan bersama personel P3SU, termasuk membersihkan drainase dari sampah dan mengatasi saluran inlet yang tersumbat,” pungkasnya.(rahmad/hm15)

Related Articles

Latest Articles