11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Tekan Dampak Pemanasan Global, Menko PMK Muhadjir Effendy Tanam Pohon di Kampus USU

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Indonesia tengah menjalankan program penanaman 10 juta pohon di 34 provinsi. Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menekan dampak pemanasan global di Indonesia untuk dunia.

Atas hal itu, Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy bersama Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, melakukan penanaman pohon di Kampus USU Jalan dr Mansyur, Rabu (6/7/22) sore.

Kegiatan penanaman pohon itu turut diikuti sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Medan.

“Untuk mensosialisasikan gerakan sepuluh juta menanam pohon, dalam rangka untuk menahan (dampak) pemanasan global,” kata Muhadjir kepada wartawan di Kampus USU.

Baca Juga:Polsek Medan Baru Minta Sekuriti Kampus USU Bersinergi Jaga Keamanan

Muhadjir mengajak seluruh generasi muda, terutama mahasiswa untuk menjadi duta pelestarian lingkungan dalam menjaga dampak pemanasan global, dengan ikut serta terlibat menanam dan tidak menebang pohon.

“Agar suasana semakin lebih baik, seperti anomali iklim cuaca seperti yang sekarang ini dan seterusnya,” sebutnya.

Muhadjir mengungkapkan, terlaksananya program penanaman 10 juta pohon tidak terlepas dari kontribusi perguruan tinggi sebagai wadah dalam melestarikan lingkungan, dimulai dari kampus sendiri.

Baca Juga:YKI Sumut Teken MoU dengan Departemen Patologi Anatomik USU

“Atas nama Kementerian PMK, saya ucapkan terima kasih atas support kegiatan ini,” ucapnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, kegiatan penanaman pohon tidak sampai di sini saja. Kegiatan akan berkelanjutan di Kampus USU dengan mengajak mahasiswa baru untuk terlibat dalam menanam pohon.

“Kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, kita akan menindaklanjutinya. Yang paling cepat nanti adalah penerimaan mahasiswa baru di bulan September 2022,” kata Muryanto.

Muryanto mengungkapkan, pada kegiatan Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) nantinya, akan dilanjutkan penanaman pohon di Kampus USU di Kwala Bekala Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga:Tim SPIRIT Erasmus Plus Peringati Hari Yoga Sedunia di USU

“Lalu, ada juga untuk gerakan-gerakan revolusi mental lainnya. Saya kira rektor dari PTS yang ada bisa terus menindaklanjuti di kampus masing-masing,” sebutnya.

Muryanto menyebutkan, program penanaman 10 juta pohon sebagai kampanye kepada masyarakat secara luas untuk bersama-sama bagaimana menjadi kelestarian lingkungan dengan menjaga pohon untuk tidak ditebang.

“Ini menjadi sangat penting untuk menyebarkan gerakan sadar mengenai lingkungan. Untuk menghindari dampak dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang selama ini mengkhawatirkan kehidupan kita,” jelasnya.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles