18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Targetkan Eliminasi TBC 2028, Pj Gubernur Sumut : Seluruh Pihak Gerak Cepat

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan eliminasi Tuberkulosis (TBC) pada tahun 2028. Sementara eliminasi TBC nasional ditargetkan pada tahun 2030. Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin meminta seluruh pihak untuk bergerak cepat.

“Eliminasi TBC harus dilakukan dengan sinergi lintas sektoral. Seluruh pihak, mulai organisasi perangkat daerah (OPD), instansi terkait harus bergerak sesuai dengan fungsinya, sehingga target tahun 2028 dapat tercapai,” ucapnya di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Senin (23/10/2023).

Hassanudin juga meminta OPD Pemprov Sumut agar selalu bekerja berdasarkan data terbaru, tidak hanya teoritis, serta meminta pemerintah kabupaten/kota segera membentuk tim percepatan penanggulangan TBC.

Baca juga;Tahun 2022 Ditemukan 1.381 Kasus TBC di Simalungun, Ini 3 Kecamatan Tertinggi

“Hal itu perlu dilakukan agar eliminasi TBC hingga tingkat terbawah dapat semakin cepat terwujud,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan Sumut Alwi Mujahit, dalam kesempatannya mengatakan capaian tingkat keberhasilan pengobatan TBC di Sumut mencapai 90% pada tahun 2022. Sementara notifikasi kasus TBC yang ditemukan dan dilaporkan di Sumut sebanyak 43.000 kasus.

Per 13 Oktober 2023, kata dia, keberhasilan pengobatan TBC mencapai 90,7% dengan notifikasi kasus yang ditemukan sebanyak 35.000 kasus.

“Pemprov Sumut menerapkan beberapa strategi diantaranya berkomitmen mencapai eliminasi TBC pada tahun 2028, peningkatan akses layanan TBC, peningkatan penelitian dan pengembangan penanggungan TBC. Serta peningkatan peran serta komunitas, pemangku kepentingan dan lintas sektor,” ucapnya. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles