11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Soal Asesmen Nasional, Ini Tindak Lanjut Disdik Sumut di Sekolah

Medan, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) mencatat serangkaian perbaikan dan pembenahan mutu pendidikan di sekolah, salah satunya dengan menindaklanjuti hasil Asesmen Nasional (AN).

Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sumut, M Basir Hasibuan mengatakan AN adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek dalam peningkatan mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan.

“Asesmen nasional ini hal baru dilakukan dunia pendidikan dan merupakan program merdeka belajar 1 dari Kemendikbud sebagai peralihan dari pelaksanaan ujian nasional,” ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis (12/10/23).

Pelaksanaan AN, sebutnya, untuk meningkatkan bobot atau kualitas pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran.

Baca juga: Dinas Pendidikan Samosir Gelar Bimtek PAUD HI

“Pelaksanaan AN ini untuk mapping perbaikan mutu dan hasil belajar peserta didik sekaligus mapping perihal mengurangi kesenjangan sistem pendidikan. Out put dari AN ini nantinya akan dikeluarkan kementerian raport pendidikan sekolah atau raport pendidikan daerah. Apa yg harus diperbaiki, dipertahankan dan diteruskan oleh sekolah,” paparnya.

AN juga, kata dia, sebagai dasar untuk menyusun anggaran pada RKAS BOS untuk mendukung perbaikan rekomendasi hasil raport pendidikan.

“Penilaian oleh Disdik Sumut sejauh ini masih berjalan dengan baik, ketika ada kendala di lapangan kami selalu berkoordinasi dengan kementerian untuk tindak lanjut,” tandanya. (Jonatan/hm20)

Related Articles

Latest Articles