27.8 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Siswi Sibolga Wakili Sumut di Paskibraka Nasional, Ini Sosok Violetha Sianturi

Medan, MISTAR.ID

Violetha Agryka Sianturi resmi terpilih menjadi perwakilan Sumatera Utara (Sumut) untuk menjadi bagian Paskibraka Nasional 2024 pada peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Agustus mendatang.

Siswi SMAN 1 Sibolga tersebut sejatinya tidak sendirian. Dirinya terpilih bersama Siswa SMAN 1 Tanjung Balai, Ibnu Aswan untuk menjadi bagian Paskibraka Nasional tahun ini.

Letha, sapaan akrabnya ternyata memiliki rekam jejak yang panjang dalam dunia Paskibraka. Mistar.id mencoba menanyakan jalan cerita Violetha dalam Paskibraka kepada sang kakak, Viona Angel Gloryka Sianturi. Menurut Viona, adiknya sempat mengikuti seleksi mulai dari tingkat provinsi.

Baca juga: 2 Pelajar Asal Kepri Lolos Seleksi Paskibraka Nasional

“Sebelumnya maaf Violetha belum bisa dihubungi, karena dia sudah masuk masa karantina, terkait Violetha seperti anggota Paskibraka pada umumnya, Violetha juga memulai sebagai peserta seleksi tingkat sekolah. Setelah mendapat rekomendasi dari SMAN 1 Sibolga, Violetha pun mengikuti seleksi Paskibraka tingkat kota di Sibolga. Karena mendapatkan nilai tertinggi, kemudian dia didelegasikan untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi di Medan,” ujarnya kepada Mistar.id, Rabu (17/7/24).

“Puji Tuhan, Letha lagi lagi mendapat peringkat tertinggi dan dikirim oleh Pemprov untuk diseleksi di tingkat nasional. Dari dua pasang putra putri Sumatera Utara yang dikirimkan ke Jakarta waktu itu, akhirnya Violetha dipercayakan untuk mewakili provinsi kita sebagai anggota pasukan pengibar bendera pusaka di IKN Agustus nanti,” sambungnya.

Viona pun menceritakan sang adik yang memiliki kepribadian aktif dalam hal akademik dan prestasi diluar sekolah sejak duduk di bangku sekolah dasar. Violetha diketahui pernah mengikut sejumlah program tingkat nasional selama masa akademiknya.

Baca juga: Dua Pelajar Siantar Bersaing di Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi

“Bisa dibilang Violetha ini anak yang aktif, baik dalam lingkup akademik maupun di luar sekolah. Dari SD, Violetha sudah sering menjadi juara lomba story telling, baca puisi, dan fashion show di kompetisi tingkat kota/kabupaten. Pada saat SMP, Violetha juga berhasil menjadi salah satu peserta terpilih untuk mengikuti Program Sabang Merauke Kemenkeu yang kegiatannya turut diisi oleh Menteri Keuangan RI, Bu Sri Mulyani.

Related Articles

Latest Articles