16.3 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Sesditjen Binapenta & PKK: 3 Tahun Terakhir Tren Angka Pengangguran Menurun

Medan, MISTAR.ID

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Binapenta & PKK, Eva Trisiana menghimbau para alumni pelatihan agar mendapatkan penempatan kerja yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Hal itu disampaikan pada kegiatan penyuluhan jabatan bagi alumni pelatihan berbasis kompetensi di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP), Jalan Amal No 9, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, pada Rabu (11/9/24).

“Kalau gak sesuai, malah yang ada stres kan nanti mereka. Yang tadi saya sempat sampaikan, jangan merasa bekerja itu menjadi beban tetapi sesuai dengan passion mereka seperti itu,” ujarnya kepada mistar.id.

Baca juga:Fraksi PKS Minta Pemko Medan Serius Tekan Angka Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi

Jika tidak bekerja di sektor formal atau perusahaan, lanjut Eva, para peserta juga bisa berwirausaha sebagaimana program yang dimiliki Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yaitu kewirausahaan.

“Jadi bekerja itu maknanya kan bisa dalam hubungan kerja atau di luar hubungan kerja, jadi banyak aspek atau banyak jalur bagi mereka, jangan pesimis,” lanjutnya.

Eva juga menekankan, tren angka pengangguran dalam jangka 3 tahun terakhir ini mengalami penurunan.

Baca juga:Pengangguran Jadi Salah Satu Faktor Tingginya Penyalahgunaan Narkoba

“Jadi ini bahkan di era reformasi Indonesia, ini angka pengangguran terkecil. Jadi luar biasa sebetulnya,” ungkapnya.

Kata Eva, upaya-upaya penekanan angka pengangguran ini akan terus dilakukan. Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan balai latihan kerja yang dimiliki Kemnaker, juga akan disesuaikan dengan kebutuhan pasarnya.

“Jadi semoga tidak ada lagi kita melatih tidak bisa ditempatkan. Tapi ini menjadi suatu rangkaian proses dari dilatih sampai di tempatkan,” tutupnya. (susan/hm16)

Related Articles

Latest Articles