15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Sering Terjadi Keributan, DPRD Medan Minta Tindak Jukir Bermasalah

Medan, MISTAR.ID

Sangat sering masyarakat terlibat keributan dengan para juru parkir (jukir) di Kota Medan. Adapun keributan dipicu dari arogannya sikap jukir, tidak adanya bet jukir, hingga masyarakat yang terkadang parkir sembarangan.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Medan Rudiawan Sitorus menyarankan agar Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mencari Sumber Daya Manusia (SDM) jukir yang memadai.

“Memang sering para jukir ini bertindak arogan, ini tidak terlepas dari SDM nya. Oleh sebab itu, kita menyarankan agar Dishub Medan mengingatkan kepada perusahaan-perusahaan pengelola parkir agar mencari SDM yang mumpuni,” ucap Rudiawan kepada mistar.id, Senin (31/7/23).

Selain itu, sambung Rudiawan, Dishub Medan juga harus menindak tegas para jukir yang memang kerap bermasalah.

Baca juga: Gegara Uang Parkir, Video Jukir Jalan Thamrin dan Teladan Ribut Dengan Masyarakat Viral

“Beri peringatan kepada pihak perusahaan agar tidak lagi memakai jukir bermasalah. Kita tidak ingin program e-parking ini justru terhambat akibat ulah pada jukir,” sebutnya.

Dalam mengatasi permasalahan e-parking di Kota Medan, kata Rudiawan, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi Pemko Medan, salah satunya penggunaan digital.

“Kalau jukirnya tidak paham digital, tentu akan sulit saat penerapan e-parking. Begitu juga dengan pemeliharaan alat pembayaran e-parking. Sebab bila rusak, tentu akan membuat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan berkurang dari sektor perparkiran,” katanya.

Dalam penerapan e-parking, sambung Rudiawan, Pemko Medan harus membuat regulasi yang membuat parkir itu berjalan dengan baik.

Baca juga: Parkir Ilegal di Medan Resahkan Warga, Dipatok Rp25 Ribu per Mobil

“Harus ada aturan-aturan yang membuat masyarakat yang parkir itu nyaman. Kalau perlu dibuat regulasi tentang gaji jukir sehingga bisa sesuai dengan SDM yang dibutuhkan,” pungkas Politisi PKS ini. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles