12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Sepanjang 2021, USU Tandatangani 92 MoU dan 126 MoA

Medan, MISTAR.ID

Sepanjang 2021, Universitas Sumatera Utara (USU) telah melaksanakan penandatanganan kerja sama yang terdiri dari 92 Memorandum of Understanding (MoU) dan 126 Memorandum of Agreement (MoA).

Wakil Rektor III USU Prof Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan mengatakan, untuk capaian program kerja sama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah terealisasi hingga semester genap TA 2021/2022, USU telah menjalin kerja sama dengan 18 mitra.

“18 mitra itu untuk program magang bersertifikat antara lain dengan PT Telkom Indonesia, PTPN IV, Peradi, BPJS Ketenagakerjaan dan lainnya,” ujar Poppy melalui keterangan tertulis, Selasa (21/12/21).

Program magang ini diharapkan mampu memberikan peningkatan kualitas skill dan wawasan baru kepada para peserta magang yang secara otomatis akan memberikan nilai tambah bagi lulusan USU untuk selaras dengan kebutuhan dunia industri dan sektor lapangan kerja lainnya.

Baca juga:Tingkatkan Ekonomi Syariah, BSI Teken MoU dengan USU 

Menurut Poppy, peningkatan keterserapan lulusan USU pada berbagai bidang kerja professional dan dunia industri, diharapkan dapat turut mendongkrak reputasi universitas dan menjadi entitas terdepan dalam pembangunan bangsa.

“Program kerja sama yang diarahkan pada pengembangan dan penguatan kolaborasi dengan institusi pemerintahan, industri dan lembaga-lembaga professional lainnya juga terus berlanjut dalam berbagai bentuk, yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam MBKM,” katanya.

Poppy menjelaskan, keberlanjutan dari program kerja sama ini diharapkan tumbuh dan berkembang atas prinsip mutualism dan sinergisitas. Poppy menegaskan, semakin banyak prodi yang bermitra dengan berbagai sektor, maka akan semakin besar pernikahan yang terjalin dan menghasilkan simbiosis mutualisme yang bermanfaat untuk mahasiswa, universitas dan mitra.

“Program studi saat ini diharapkan tidak saja gesit dan agresif dalam menjalin kerja sama dengan mitra lokal dan nasional, namun juga diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sinergi dengan mitra kelas dunia,” tegasnya.

Poppy berharap, dari berbagai bentuk program kerja sama yang dilakukan, mahasiswa USU dapat mengalami langsung ekosistem dunia kerja, sehingga menjadi bekal kemampuan mereka dalam menjalani dunia kerja yang sesungguhnya di masa depan.

“Inilah bentuk transformasi dunia pendidikan yang sebenarnya, yaitu kualitas lulusan yang relevan dengan dunia kerja dan berkompetensi tinggi,” tukasnya.

Baca juga:Tangkal Paham Radikalisme, USU Bersama BNPT dan PTPN Holding Teken MoU

Poppy menekankan, kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga terus digiatkan pada sektor-sektor pengabdian dan penelitian yang memberikan ruang bagi lahir dan bertumbuhnya inovasi-inovasi baru dalam koridor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Inovasi tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meringankan aktivitas ekonomi dan sosialnya, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan berpartisipasi dalam pembangunan,” pungkasnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles