26.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Selama Haji, Jemaah Diimbau Tidak Kontak Langsung dengan Unta

Jakarta, MISTAR.ID

Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, Achmad Farchanny Tri Adryanto, mengimbau kepada jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci untuk menghindari kontak langsung dengan unta.

Imbauan ini dilakukan terkait kasus virus MERS-CoV yang kembali terdeteksi di beberapa negara Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.

“Fokus saja pada ibadah, ke Masjid Nabawi atau Masjidil Haram untuk beribadah. Bukan berkeliling mencari buah tangan atau pergi ke peternakan unta,” kata Farchanny melalui pernyataan tertulisnya di website resmi Kemenkes, Jumat (17/5/24).

Farchanny juga mengingatkan agar selalu memakai masker saat berada di tempat ramai dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Baca juga: WHO Minta Tingkatkan Kewaspadaan Penularan MERS

“Hindari mengonsumsi produk unta yang mentah. Misalnya susu unta yang banyak di sana. Pastikan susu sudah dimasak sempurna. Makan daging unta, sate unta boleh, asalkan sudah dimasak matang,” lanjutnya.

Menjaga kondisi fisik agar selalu prima adalah hal penting karena virus lebih mudah menular ketika daya tahan tubuh lemah.

“Bagi jemaah yang merasa tidak enak badan, segera lapor ke TKHI di kloter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut,” tambahnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles