25 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Seberapa Pentingkah Organisasi Bagi Generasi Muda, Begini Kata Sosiolog

Medan, MISTAR.ID

Sosiolog Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Henry Sitorus Pane menjelaskan bahwa ada empat jenis kecerdasan manusia yaitu, intelegensi, spiritual, emosional dan kecerdasan sosial.

“Salah satu yaitu bagaimana melatih diri supaya memiliki kecerdasan emosional. Kemampuan seseorang mengendalikan emosi biasanya jika berinteraksi dengan orang banyak dan setara,” katanya saat ditemui mistar di Kampus USU, belum lama ini.

Dengan berorganisasi, kata Henry, orang akan mengenal banyak perilaku dan karakteristik yang berbeda dari dirinya sehingga dia bisa belajar.

“Istilahnya matang, dewasa. Terutama kalau teman-teman mereka berinteraksi itu lebih memiliki wawasan, karakter panutan, atau figur-figur yang bisa menjadi sesosok contoh,” jelasnya.

Baca juga : Sosiolog USU Soroti Kenakalan Remaja Masa Kini

Lebih lanjut dijelaskan, di dalam kampus ada beberapa organisasi yang disebut intra kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), perhimpunan program studi dan yang lainnya.

Organisasi di luar kampus disebut ekstra kampus, seperti Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dan lainnya.

“Saya kira kedua-duanya punya signifikansi masing-masing. Berbeda-beda dia. Tapi pada prinsipnya adalah kematangan si mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri, yang bisa bekerja sama, bisa diatur, bisa mengatur, bisa memimpin dan bisa dipimpin. Semua tujuan akhirnya adalah untuk kepemimpinan,” urainya.

Related Articles

Latest Articles