24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Sebelum Diberangkatkan, 5.061 Calon Jemaah Haji Asal Sumut Sudah Vaksin Meningitis

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan vaksin meningitis menjadi syarat wajib sebelum berangkat ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji 2023. Diharapkan untuk jemaah ini seluruhnya bisa mendapatkan vaksin meningitis.

“Per tanggal 18 Mei sebanyak 5.061 atau 65,98% calon jemaah haji  asal Sumut yang telah memperoleh vaksin meningitis ini. Dan sebanyak 2.610 jemaah yang belum mendapatkan vaksin meningitis ini,” kata Alwi, Sabtu (20/5/23).

Memang. kata Alwi, jemaah yang belum mendapatkan vaksin akan merasa resah. Sebab jemaah masuk ke asrama dijadwalkan pada 23 Mei. Artinya, sudah cukup dekat untuk kloter pertama yang akan berangkat tanggal 24 Mei.

Baca Juga:Biaya Perjalanan Ibadah Haji Tahun 2023 Naik, Harga Lama Masih Berlaku

“Wajar memang jemaah yang belum vaksin merasa resah. Tetapi kita yakin dalam waktu dekat ini bisa tuntas karena jemaah yang mendapatkan vaksin ini dikelola oleh kabupatent/kota nya secara langsung. Apalagi jemaah yang mau diberikan vaksin juga tidak banyak di kabupaten/kotanya. Saya rasa akan cepat selesai,” jelasnya.

Untuk itu, Dinkes Provinsi Sumut menyebutkan tidak perlu khawatir, semua jemaah pasti mendapatkan vaksin ini.

Baca Juga:Dinkes Siantar: Besok Akan Dilakukan Suntik Vaksin Meningitis Pada Jemaah Calon Haji 2023

“Sebab vaksin ini sudah tersedia. Jadi, selain wajib vaksin meningitis, persiapan haji ini juga cukup banyak, mulai dari pelunasan biaya yang berdampak pada penyedian fasilitas seperti soal tas dan lainnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada tangga 23 Mei ini, calon jemaah haji asal Sumatera Utara akan memasuki Asrama Haji sekira pukul 23.00 WIB. Selanjutnya akan bertolak dari KNO menuju Madina pada 24 Mei sekira pukul 07.25 WIB. (anita/hm17).

Related Articles

Latest Articles