24 C
New York
Thursday, July 11, 2024

Sasude Ubah Sampah Plastik jadi Manfaat Sosial Melalui Ecobrik

Medan, MISTAR.ID

Sejak tahun 2018, sebuah inisiatif kreatif di Medan telah meraih perhatian masyarakat dengan cara yang unik untuk mengurangi sampah plastik dan memberikan manfaat sosial yang nyata.

Program Ecobrik yang dikelola oleh Sanggar Anak Sungai Deli (Sasude), telah berhasil mengubah pandangan terhadap sampah plastik menjadi barang-barang berguna dan bahkan karya seni.

Ecobrik merupakan metode sederhana namun efektif untuk mengemas sampah plastik ke dalam botol plastik besar, menciptakan blok padat yang dapat digunakan untuk membuat berbagai barang seperti meja, kursi, dinding, bahkan bendungan.

Pendekatan ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan, tetapi juga menciptakan solusi berkelanjutan dalam menghadapi masalah limbah di Sungai Deli.

Baca Juga : Sasude Lahir dari Keprihatinan Terhadap Kondisi Anak Tepian Sungai Deli

Salah satu keunikan dari program ini adalah partisipasi aktif masyarakat. Mereka tidak hanya mendukung upaya pengelolaan sampah, tetapi juga mendapatkan manfaat langsung.

Setiap warga yang berkontribusi dengan menukar 5 ecobrik, selain mendapatkan produk berguna seperti meja dan kursi, juga menerima insentif berupa beras sebanyak 5 Kg.

“Warga sangat antusias dengan program ecobrik ini. Selain membantu lingkungan, mereka juga mendapatkan barang-barang yang berguna seperti meja dan kursi,” kata Ulpa, Ketua Sasude, Kamis (4/7/24).

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles