25.1 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Sapi Terberat di Sumatera Disembelih di Medan

Medan, MISTAR.ID

Sapi terberat di Pulau Sumatera disembelih di Kota Medan, tepatnya di Jalan Waringin, Kecamatan Medan Petisah, saat perayaan Idul Adha 1444 H.

Sapi berjenis brahman milik Arya Tjipta itu memiliki bobot berat 1,3 ton. Hewan kurban ini lebih berat dari sapi milik Presiden Joko Widodo yang mempunyai berat 1,2 ton. Sapi bernama Bawor ini berusia 5 tahun 2 bulan.

Arya mengatakan, sapi yang dibelinya ini merupakan sapi terberat di Sumatera. “Nah ini lah yang akan kita kurban,” katanya, pada Kamis (29/6/23).

Baca juga: Daftar Harga Sapi Kurban 2023 dari Sejumlah Sumber, Cek Disini

Menurut dia, pada kurban tahun ini sengaja mencari sapi yang beratnya di atas rata-rata. “Kurban harus yang terbaik, artinya ini persembahan yang terbaik kita berikan di Hari Raya Idul Adha. Dan sapi ini yang terbesar dalam pribadi saya untuk memberikan kurban,” ucapnya didampingi istri, Ratna Dianitami.

Rencananya, daging sapi ini akan dibagi ke warga sekitar, panti asuhan, anak yatim piatu dan fakir miskin. “Akan dibagikan ke 700 Kepala Keluarga (KK) warga sekitar, fakir miskin dan yatim piatu,” kata Arya.

Ia mengaku, sapi bernama Bawor ini dibelinya dari peternak di Dusun V Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, dengan harga mencapai Rp 130 juta. “Saya belinya dari Provinsi Sumatera Utara ya,” ujar dia.

Baca juga: Pemkab Batu Bara Siapkan 40 Ekor Sapi Kurban, Disalurkan ke Wartawan dan Masjid

Arya mengaku, kalau peternak di Sumut juga hebat-hebat. “Jadi bukan hanya di Pulau Jawa, tapi sebenarnya di Sumut pun ada peternak sapi yang hebat-hebat,” ungkapnya.

Saat penyembelihan sapi itu, Arya bersama keluarganya turut ikut menyaksikan. Tampak Arya bersama istri meneteskan air mata saat hewan kurban itu dipotong. (saut/hm16)

Related Articles

Latest Articles