7.3 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Rumah BUMN Gelar Pelatihan dan Sosialisasi PaDi bagi Pelaku UMKM Medan-Deli Serdang

Medan, MISTAR.ID

Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Medan-Deli Serdang memberikan pelatihan dan sosialisasi perluasan pasar melalui marketplace pasar digital (PaDi) kepada 40 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang diselenggarakan di Jalan Teuku Daud Nomor 2, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (15/10/24).

Narasumber dari Rumah BUMN Deli Serdang, Muhammad Alfatah menjelaskan tentang aplikasi bagi para UMKM sebagai sarana perluasan pasar.

“Tujuan dan kegunaannya adalah sebuah platform digital yang mempertemukan pelaku UMKM dengan BUMN, kementerian dan menawarkan pengalaman transaksi B2B (bisnis to business) yang lengkap semudah berbelanja di e-commerce retail,” katanya melalui pesan tertulis, Kamis (17/10/24).

Dia melanjutkan, aplikasi yang diluncurkan PT Telkom sejak akhir 2021 ini tidak hanya digunakan oleh UMKM binaan Rumah BUMN, namun juga dapat digunakan secara umum. Alfatah mengatakan, kurangnya literasi digital serta akses pasar yang minim merupakan tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini dapat mempercepat dan mendorong transaksi belanja BUMN kepada pelaku UMKM, san juga memperluas akses pasar UMKM.

Baca Juga : Puluhan Mitra UMKM Binaan Rumah BUMN Medan Ikuti Sosialisasi Investasi Kekinian

Head of Telkom, Evi Siahaan menambahkan, UMKM Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang memiliki potensi besar sehingga penting dilakukan upaya meningkatkan kapasitas.

Sementara itu, Fasilitator Rumah BUMN Medan, Shintya Sibarani, mengatakan akan terus mendorong inovasi dan perkembangan para pelaku UMKM untuk naik kelas dan memberikan pasar baru guna meningkatkan omzet usaha.

Chief Executive Officer (CEO) Muda Rumah BUMN Sumatera Utara (Sumut), Olivia Fernaza, menambahkan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kelas UMKM khususnya dalam tahapan go online untuk menggunakan e-commerce.

Sedangkan, Chief Financial Officer (CFO) Rumah BUMN Sumut, Edwin Pranata Simanjuntak, berharap pelatihan ini dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM. “Sehingga mereka mampu mengoptimalkan usaha melalui digital dan kita berterima kasih atas kolaborasi yang dibangun antara Rumah BUMN Mandiri Medan dan Rumah BUMN Telkom Deli Serdang,” tutupnya. (susan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles