9.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Lima Fraksi di DPRD Medan Sudah Sampaikan Komposisi AKD, 4 Fraksi Lainnya akan Disurati

Medan, MISTAR.ID

Sekretaris DPRD Kota Medan, Muhammad Ali Sipahutar mengatakan bahwa lima dari sembilan Fraksi di DPRD Kota Medan periode 2024-2029 telah mengirimkan komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masing-masing fraksi.

“Total ada sembilan fraksi di DPRD Medan untuk periode 2024-2029, namun yang sudah menyampaikan komposisinya masih lima fraksi,” ujarnya, Kamis (17/10/24).

Dikatakan Ali, adapun kelima fraksi yang telah menyerahkan komposisi AKD nya ke Sekretariat DPRD Kota Medan, yakni Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi PSI, Fraksi gabungan PAN-Perindo dan Fraksi gabungan Hanura-PKB.

“Dari lima fraksi tersebut, ada satu fraksi yang mendapatkan kursi pimpinan, yaitu Fraksi PKS. Tentunya dalam komposisi fraksi itu telah tercantum pimpinan DPRD Medan dari Fraksi PKS,” ujarnya.

Baca Juga : DPRD Medan Terus Ingatkan KPU untuk Sosialisasikan Pilkada Serentak 2024  

Untuk empat fraksi yang belum menyerahkan komposisi AKD adalah PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Golkar dan Partai NasDem.

“Kita telah menyurati kepada empat partai tersebut agar dapat segera menyerahkan komposisi AKD nya ke Sekretariat DPRD Kota Medan. Mudah-mudahan akan kita terima dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada empat partai politik yang berhasil meraih kursi pimpinan DPRD Kota Medan periode 2024-2029, diantaranya PDI Perjuangan (9 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (8 kursi), Partai Gerindra (6 kursi), dan Partai Golkar (6 kursi).

Sementara itu, terdapat tiga partai politik yang berhasil mendapatkan satu fraksi secara penuh, yakni Fraksi NasDem (5 kursi), Fraksi Demokrat (4 kursi) dan Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (4 kursi).

Sedangkan empat partai politik lainnya gagal meraih satu fraksi secara penuh sehingga harus membentuk fraksi gabungan, yakni fraksi gabungan PAN-Perindo (PAN 3 kursi – Perindo 1 kursi) dan fraksi gabungan Hanura-PKB (Hanura 2 kursi – PKB 2 kursi). (rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles