25.7 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Resmikan Pojok Statistik Unimed, Layanan Kolaboratif BPS Medan dan Perguruan Tinggi

Medan, MISTAR.ID

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dekan FMIPA, Fauziyah Harahap dan Kepala BPS Kota Medan, Enny Nuryani Nasution, pada Rabu (25/10/23).

Usai penandatanganan kerja sama, keduanya melakukan pemotongan pita peresmian Pojok Statistik Unimed.

Baca juga:Dosen Kimia FMIPA Unimed Join Research 3 Tahun di Shinshu University Jepang

Pojok Statistik merupakan layanan kolaboratif antara BPS dan perguruan tinggi. Ini sebagai pusat layanan dan promosi statistik di perguruan tinggi. Pojok Statistik mengusung prinsip kolaborasi, sinergi dan kebermanfaatan.

Pojok Statistik digagas dalam rangka menjawab kebutuhan akademisi dan mahasiswa akan statistik. Diharapkan dengan adanya Pojok Statistik ini dapat meningkatkan literasi statistik. Juga sekaligus mendekatkan layanan statistik kepada pihak perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Fauziyah mengucapkan terima kasih kepada BPS Kota Medan yang telah membangun Pojok Statistik di FMIPA Unimed. Dia menyampaikan, kerja sama yang dibangun, semoga memberikan dampak positif.

“Saya juga berharap, agar kerja sama ini ditingkatkan tidak hanya untuk Matematika tetapi untuk jurusan lainnya. Banyak penelitian yang bisa kita kembangkan melalui data BPS Kota Medan,” ujarnya.

Baca juga: Rektor Ajak Civitas Naikkan Citra dan Akreditasi Kampus Unimed

Sedangkan Enny Nuryani mengaku, sangat senang  bisa bekerja sama dengan Unimed. Menurutnya, dengan adanya Pojok Statistik ini dapat membantu mahasiswa dan dosen dalam penelitian, khususnya pengerjaan skripsi.

“Hal ini merupakan wujud kolaborasi untuk statistik berkualitas, bangsa sejahtera. Diharapkan dengan adanya Pojok Statistik ini dapat meningkatkan literasi statistik, sekaligus mendekatkan layanan statistik kepada pihak perguruan tinggi,” ungkapnya.

Selain meresmikan Pojok Statistik, BPS Kota Medan juga memberikan talk show kepada mahasiswa FMIPA bertema ‘Akses data mudah, Skripsi tak susah’, dengan pemateri Elia Wesley Sukarno dan Bagdad Cani Miranti yang dimoderatori oleh Evi Sinta Gabe Siagian. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles