19.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Regal Spring Bahas Gagasan Transformasi ‘Pangan Biru’ Bersama FAO dan IPB

Toba, MISTAR

Regal Springs Indonesia (PT RSI) menerima kunjungan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dan Instititut Pertanian Bogor (IPB) ke lokasi operasional perusahaan yang mencakup pabrik pengolahan, pembenihan, pabrik pakan di Kabupaten Serdang Bedagai, serta budidaya ikan tilapia di Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada 7-8 Mei 2024.

Kunjungan tersebut menegaskan komitmen PT RSI untuk memajukan budidaya ikan tilapia secara bertanggung jawab dan berkelanjutan guna menyediakan sumber protein berkualitas.

“Kami sangat optimis terhadap masa depan dan transformasi pangan biru dapat menciptakan solusi dalam pemenuhan pangan dunia melalui potensi sumber daya yang ada, salah satunya adalah budidaya perikanan yang berkelanjutan,” ujar President Director PT RSI Hoeffelman dalam keterangan tertulis yang diterima mistar, Jumat (10/5/24).

Baca juga: Perindo Toba Jadwalkan Pendaftaran Balon Bupati dan Wabup Pilkada 2024

Hoeffelman menekankan harapannya bahwa kunjungan dan diskusi tersebut akan menjadi awal yang baik untuk memulai kolaborasi antara Regal Springs Indonesia, FAO, dan Universitas IPB.

Sementara itu, Rajendra Aryal dari FAO mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Regal Springs Indonesia.

“Konsep ekonomi biru (The blue economy) patut dipertimbangkan sebagai prioritas untuk mewujudukan ketahanan pangan. Pangan biru memiliki peran penting dalam mengurangi kelaparan & kekurangan gizi/malnutrisi, serta berkontribusi pada transformasi sistem pangan yang berkelanjutan di Indonesia,” ujar Aryal.

Delegasi dari FAO dan Universitas IPB melihat proses pembenihan ikan tilapia yang dilakukan secara alami, mengunjungi fasilitas pabrik pengolahan ikan tilapia, laboratorium pemantauan kualitas air danau, serta area keramba tempat budidaya ikan tilapia.

Baca juga: Dinas PUTR Toba Pastikan Tangani Dampak Bencana Alam Sesuai Regulasi

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Prof Dr Ir Fredinan Yulianda MSc, menyoroti pentingnya adopsi teknologi terkini, peningkatan keterampilan sumber daya manusia, dan keselarasan dengan alam dalam budidaya perikanan yang terpadu.

“IPB akan berperan secara ilmiah, melalui program magang, penelitian bersama, serta publikasi,” kata Fredinan.

Regal Springs Group terus berkontribusi dalam Gerakan Pangan Biru melalui berbagai inisiatif, termasuk kolaborasi dengan Blue Food Partnership, program CSR seperti ‘Gemarikan’, serta inovasi budidaya ikan tilapia yang berkelanjutan dan terintegrasi. (nimrot/hm22)

Related Articles

Latest Articles