22 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Ratusan Petani Unjuk Rasa Ke Kantor BPN Sumut

Medan, MISTAR.ID

Peringati Hari Agraria, ratusan petani yang berkonflik tanah dari berbagai wilayah di Sumatera Utara berdemo di depan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kanwil Sumatera Utara di Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (24/9/20).

Para petani dari berbagai kelompok tani ini menuntut agar BPN memberikan kepastian atas hak tanah mereka. Para petani ini sebagian menduduki lahan eks PTPN sudah selama puluhan tahun. Beberapa wilayah yang berkonflik tanah antara lain di Helvetia, Marindal, Selambo, Sunggal dan Tapanuli Selatan.

“Kita berharap pak presiden konsisten dengan ucapannya yang akan memberikan tanah kepada petani yang telah menempati lahan puluhan tahun, apalagi lahan eks PTPN,” kata Tao Mindoana Simamora dari Komite Rakyat Bersatu.

Baca juga: Tolak Penggusuran oleh PTNP II, Ratusan Massa SPSB Simalingkar A Serbu Kantor ATR/BPN Deli Serdang

Mereka juga mendesak agar segera mendistribusikan dan mensetifikasi tanah eks HGU PTPN II seluas 5.873.06 yang tersebar di beberapa wilayah. Lahan ini sudah puluhan tahun diusahai para petani.

Dalam tuntutannya, Komite Rakyat Bersatu mendesak pemerintah untuk mengusut terbitnya 227 sertifikat di Kelambir kebun dengan luas 250 hektar. Juga divestasi seluas 300 hektar lahan di Helvetia. Usai berdemo di kantor BPN, ratusan massa berjalan kaki menuju gedung DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan. (edrin/hm09)

Related Articles

Latest Articles