9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Rakernas DMDI Diharapkan Jadi Momentum Pererat Suku Melayu dan Umat Islam

Medan, MISTAR.ID

Rakernas I Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) tahun 2023 diharapkan menjadi momentum dalam mempererat persatuan suku Melayu dan umat Islam, khususnya di Kota Medan.

Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar saat mewakili Wali Kota Medan dalam acara Rakesnas I DMDI Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Saudagar Melayu DMDI, di Hotel Arya Duta Medan, Senin (20/11/23) malam.

Peran DMDI sebagai organisasi, kata Benny bertujuan menyatukan umat Islam dan mempererat persatuan suku Melayu. “Sehingga dapat menjaga dan melestarikan eksistensi Melayu di Kota Medan,” kata Benny.

Baca Juga: Disnaker Medan Sediakan 600 Lebih Lowongan Pekerjaan

Benny menambahkan, upaya nyata yang telah dilakukan Pemko Medan dalam melestarikan budaya Melayu di Kota Medan adalah dengan menyelenggarakan Gelar Melayu Serumpun.

“Tujuan utama dari kegiatan ini untuk memperkenalkan Kota Medan melalui budaya Melayu ke dunia internasional,” sebutnya.

Benny menyampaikan, Kota Medan merupakan kota metropolitan yang kaya akan keberagaman suku, adat istiadat hingga kepercayaan. Karenanya, Pemko Medan senantiasa menjaga situasi kondusif kehidupan harmonis di tengah berbagai keberagaman yang ada.

Baca Juga: Pemko Medan Diminta Tegas Ambil Alih Aset yang Dikuasai Pihak Tak Bertanggungjawab

Keberagaman ini, lanjut Benny, menjadikan Kota Medan semakin berkembang dan berjaya hingga saat ini.

“Topik perdamaian antar suku dan antar umat beragama menjadi poin penting yang dibahas dalam rakernas ini sehingga nantinya akan membuahkan hasil berupa program kerja atau upaya nyata yang dapat diterapkan di Kota Medan,” tutupnya. (Rahmad/hm22)

Related Articles

Latest Articles