11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Ibtihaj Tidak Digusur, Pembersihan Lahan Dihentikan Sementara

Medan, MISTAR.ID

Penggusuran pondok Pesantren Tahfidz Darul Ibtihaj yang berada di Komplek Arrahman Jalan Kemuning Baru, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dipastikan tidak ada. Hal itu ditegaskan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Kamis (8/6/23).

Kapolresta Medan mengatakan, usai munculnya informasi bahwa terjadi bentrok saat PTPN III menggusur pondok Pesantren Tahfidz Darul Ibtihaj, pihaknya langsung melakukan pertemuan dengan sejumlah alim ulama, pihak pengurus pondok pesantren tersebut dan kuasa hukum PTPN III. Pertemuan menghasilkan lima kesepakatan.

“Pertama, tidak ada pembongkaran pondok Pesantren Darul Ibtihaj. Kedua, penertiban akan dihentikan sementara, sebelum ada evaluasi lebih lanjut dari Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut). Ketiga, semua pihak sepakat untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Sumatera utara khususnya di Kota Medan,” ujar Valentino kepada sejumlah awak media, Kamis (8/6/23) dini hari tadi.

Baca juga: Penertiban Bangunan di Sampali Berlanjut, Tidak dengan Pondok Tahfiz

Untuk poin yang keempat, mantan Dirlantas Polda Sumut itu meminta kepada masyarakat dan semua pihak untuk tidak menyebarkan berita dan video viral yang tidak benar berkaitan dengan kejadian tersebut.

“Kelima, seluruh pihak mengucapkan terima kasih atas respon cepat Polda Sumatera Utara dan jajaran serta tokoh agama yang telah memfasilitasi penyelesaian permasalahan tersebut,” ucapnya dengan berharap hal-hal yang dapat memperkeruh suasana dapat sama-sama dijaga agar keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Sumut tetap kondusif.

Diketahui, tim penertiban bangunan di atas lahan HGU PTPN2 Nomor 152 Sampali, kembali melanjutkan pembersihan dan penertiban bangunan yang masih tersisa di Jalan Kemuning, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (7/6/23).

Pembersihan areal dimulai dari pembongkaran rumah kontrakan milik Dino Haryadi, yang sebelumnya sudah menerima tali asih. Kemudian dilanjut dengan pembongkaran rumah yang ditempat Roscik dan Mariana Lubis. Namun, beredar video yang menyatakan terjadinya bentrok saat petugas hendak melakukan penggusuran pada bangunan Pondok Pesantren Tahfidz Darul Ibtihaj. (ial/hm17)

Related Articles

Latest Articles