15.8 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Polrestabes Medan Berupaya Menekan Bisnis Narkoba Supaya Tak Laku

Medan, MISTAR.ID

Bisnis narkotika adalah bisnis haram yang sangat menguntungkan secara finansial. Sementara untuk memberantasnya, tindakan represif tidak cukup. Butuh ketahanan dan daya tangkal kolektif agar narkotika tidak laku di pasaran.

Hal itu disampaikan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun dalam paparannya saat Focus Group Discussion (FGD) Tim Terpadu Berantas Narkoba, Selasa (1/10/24) di Hotel Emerald Garden Medan.

“Polrestabes Medan akan terus berupaya menekan agar permintaan narkoba tidak ada lagi. Karena bisnis narkoba bisnis yang sangat menguntungkan. Jadi, upaya yang harus dilakukan bagaimana narkoba ini tidak laku. Kalau perkara menangkap tersangka narkoba masalah  gampang. Tapi bagaimana caranya supaya narkotika tidak laku lagi, jadi permintaanya terputus,” ungkapnya.

Baca juga:Polri Bongkar Pencucian Uang Narkoba Jaringan Indonesia-Malaysia Rp2,1 Triliun

Lebih jauh, narkotika yang masuk ke Indonesia khususnya Sumut berasal dari Malaysia. Masuk ke Indonesia lewat pelabuhan-pelabuhan tikus yang berada di pesisir pantai termasuk wilayah Tanjung Balai dan Aceh.

“Masuknya narkotika dari Malaysia biasanya didistribusikan lewat Aceh dan Tanjung Balai baru ke Medan. Dari Medan baru diedarkan ke kota-kota lainnya di Indonesia,” jelasnya.(putra/hm17)

Related Articles

Latest Articles