27.6 C
New York
Monday, July 15, 2024

Poldasu Turunkan Ribuan Personel Operasi Patuh Toba 2024

Medan, MISTAR.ID

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) menurunkan ribuan personel dalam Operasi Patuh Toba 2024 guna mengamankan lalu lintas jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Kapolda Sumut, Komjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2024 akan dilakukan selama kurang lebih dua pekan.

“Personel yang kita libatkan dalam operasi patuh toba 2024 ini ada 1.407 personel, ini yang kita harapkan turun ke lapangan, bukan sekedar memberi langkah persuasif tapi juga memberi langkah tegas agar proses masa operasi yang dua pekan ini bisa efektif,” ujarnya kepada Mistar.id, Senin (15/7/24) pagi.

Baca juga: Ada 56 Rumah Sakit Rujukan Atlet dan Official PON XXI Aceh-Sumut 2024

Perwira Tinggi Polri tersebut juga mengatakan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2024 akan dilaksanakan mulai 15-28 Juli 2024.

“Mulai hari sampai 28 Juli, operasi ini ada 10 kategori yang bakal ditindak, terutama menyasar kepada pelanggaran lalu lintas, tidak memakai helm, menyerobot lampu merah, anak-anak dibawah umur pengendara, dan kendaraan over dimensi dan overload juga jadi prioritas kita,” tuturnya.

Agung juga menyebut selain di bidang lalu lintas, Polda Sumut juga melakukan pengamanan di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang pagelaran olahraga nasional tersebut.

Baca juga: Maksimalkan Penjemputan Atlet PON, Dishub Sumut Segera Libatkan Maskapai Penerbangan

“PON ini adalah hajat besar Sumut, ini adalah hal yang baik bagi Sumut, ini dapat meningkatkan jiwa sportifitas, karena ini event olahraga yang utama adalah sportifitas, kita ini pelaksanaan PON ini bisa berjalan baik. Jadi sistem pengaman ini tidak hanya di bidang lalu lintas, tapi juga bidang Kamtibmas secara menyeluruh, untuk menekan angka kriminalitas dan mengantisipasi hal menyimpang di masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan pihaknya sedang menata pengamanan saat pelaksanaan PON mendatang. “Iya inikan menjelang PON, kalau pada pelaksanaan PON kita juga sedang menata itu semua, dan juga pengamanan setiap cabang olahraga nantinya yang tersebar di berbagai daerah di Sumut,” pungkasnya. (iqbal/hm25)

Related Articles

Latest Articles