12 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Poldasu Dan Polres Serentak Bubarkan Warga Berkumpul

Medan, MISTAR.ID

Pihak Polda Sumut beserta Polres sejajaran serentak melaksanakan kegiatan pembubaran terhadap warga yang masih berkumpul di luar rumah tanpa ada kepentingan atau keperluan, Rabu (6/5/20) malam. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai virus corona.

Seperti yang dilakukan personil Direktorat Samapta dan Direktorat Resnarkoba Polda Sumut. Pembubaran warga ini dilaksanakan personil polisi di seputaran Kota Medan dengan sasarannya masyarakat yang masih berkumpul di beberap warkop, kafe serta warnet.

Selain melakukan pembubaran, petugas juga turut mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah serta memberi edukasi pencegahan Covid-19. Personil menyarankan agar tetap take away dan jaga jarak (physical distancing) demi menghindari penularan virus Covid-19.

Hal serupa juga dilakukan Polres Madina, Tanjungbalai, Lbuhanbatu, Samosir, Tapteng dan Pakpak Bharat serta Asahan. Para personil Polri melakukan patroli ke warung kopi hingga ke cafe-cafe guna melakukan penghimbauan dan pembubaran warganya

Warga yang berkumpul di kedai kopi juga dibubarkan polisi. (f:ist/mistar)

Di beberapa lokasi yang dituju itu, para personil masih mendapatkan warga berkumpul dan tidak menerapkan phsycal distancing. Selain melakukan pembubaran, polisi tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada pemilik warung agar melayani pembeli makanan dan minuman yang dibawa pulang.

Sementara jajaran Polsek di wilayah Sumut juga giat melaksanakan pengimbauan dan pembubaran dengan melibatkan satuan TNI di wilayah masing-masing. Seperti yang dilakukan personil Polsek Lintongnihuta Polres Humbahas bersama personil Koramil 07 Lintongnihuta, sinergitas melakukan agar lebih memaksimalkan pelaksanaan kegiatan sekaligus bekerja sama untuk mengurangi jatuhnya korban baru dari virus Covid-19.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Kamis (7/5/20), mengatakan, pihaknya terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19.

“Rabu malam, Polda Sumut Dan Polres jajaran sedang melaksanakan pengimbauan dan pembubaran serentak kepada masyarakat yang masih berkumpul dan tidak mengikuti anjuran protokol kesehatan. Kegiatan ini tidak hanya di laksanakan jajaran Polda dan Polres saja namun jajaran Polsek juga turut melakukan giat ini untuk mencapai hasil yang lebih maksimal guna mencegah penyebaran corona di wilayah Sumut,” kata dia.

Selain itu, sebutnya, kegiatan ini salah satu bentuk pelaksanaan Operasional (Ops) Aman Nusa ll Toba 2020 sekaligus menjalankan maklumat Kapolri dan perintah Kapolda Sumut untuk mengingatkan masyarakat dan memberikan edukasi tentang bahaya Covid-19. “Agar bersama-sama ikut berpartisipasi melakukan giat pencegahan mengingat sudah banyak warga yg terjangkit dan saat ini corona juga belum ada obatnya,” ucapnya.

Penulis : Saut
Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Latest Articles