22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

PLN Regional Sumut-Aceh dan PTPN Grup Gelar Rakor Bahas Aset

Medan, MISTAR.ID

Sebagai wujud dari komitmen sesama BUMN dalam menjaga aset negara, manajemen PLN Regional Sumut-Aceh melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I-IV, Rabu (13/7/22) di Hotel JW Marriott, Jalan Putri Hijau Medan.

GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Duha menyampaikan, pertemuan ini adalah rangkaian atau tindak lanjut atas Focus Group Discussion (FGD) terkait aset PT PLN yang tumpang tindih dengan aset PTPN (Persero) yang telah dilaksanakan pada 31 Januari 2022 di Dharmawangsa, Jakarta.

“Pertemuan hari ini juga sosialisasi dari perjanjian kerja sama yang ditandatangani pada tanggal 30 Juni 2022, tentang pelaksanaan kerja sama penyelesaian permasalahan aset ketenagalistrikan yang berdiri di atas aset tanah milik PTPN Grup, antara Direktur Utama PT PLN (Persero) dengan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero),” terangnya melalui keterangan rilisnya.

Baca Juga:PLN UP 3 Sibolga Sosialisasi Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik Adjustment 5 Golongan Tarif

Tak hanya mengucapkan terima kasih kepada pihak PTPN, pada kesempatan tersebut Octavianus juga menjelaskan bahwa PLN memiliki aset dengan total 7.836 bidang di luar kawasan hutan.

“Sampai saat ini telah terbit sertifikat sampai dengan semester 1 tahun 2022 sebanyak 6.081 bidang sehingga kini yang tersisa sebanyak 1.755 bidang,” terangnya.

Dari 7.836 bidang tersebut, lanjut Octavianus, terdapat 497 bidang berada di areal Hak Guna Usaha (HGU) milik PTPN, dengan rincian 28 bidang di PTPN I, 167 bidang di PTPN II, 148 bidang di PTPN III dan 154 bidang di PTPN IV.

Baca Juga:PLN Terima Suntikan Modal Triliunan

“Alhamdulillah di tanggal 30 Juni 2022 kami sudah menyelesaikan pemecahan dari HGU ke HGB sebanyak 24 bidang di PTPN III dan sudah proses pengukuran. Kemudian dalam pemecahan sebanyak 49 bidang lagi untuk PTPN III dan 55 bidang diproses pemecahan di PTPN II, dan proses penerbitan izin pelepasan aset dari Kementerian BUMN sebanyak 52 bidang di PTPN IV,” urainya.

Sementara itu, Direktur Umum PTPN III Doni P Gandamihardja menjelaskan ini menjadi sangat yang penting karena PTPN sedang melakukan proses transformasi dan destrukturisasi terkait aset.

“Jika pun ada tumpang tindih dengan PLN lewat pertemuan ini kita akan mencari bagaimana jalan keluarnya,” ungkapnya.

Baca Juga:Tingkatkan EBT PLN UIW Sumut Tandatangani PLTBg Pasir Mandoge

Doni juga mengatakan, selama ini PTPN dengan PLN memang menggunakan skema pinjam pakai. Tapi sesuai petunjuk Jamdatun, sebaiknya hal tersebut dihindari. Akan tetapi bagaimana tanah dilakukan pengalihan hak atas tanah berstatus HGU itu, setelah dilakukan proses ganti rugi.

Karena itu kami juga sudah mengajukan bagaimana aset yang kini sudah diambil alih PLN untuk lahan tapak tower misalnya, bisa segera dilakukan penghapusbukuan,” sebutnya dan mengimbau seluruh PTPN mulai dari I-IV untuk melakukan rekonsiliasi terkait aset-asetnya. (anita/hm14)

Related Articles

Latest Articles