31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Pj Gubsu Resmikan Program Nembush, Nelayan Sumut Diharapkan Sejahtera

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara (Gubsu), Hassanudin meresmikan program Nelayan Membangun Sumatra Hebat (Nembush) yang diinisiasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut.

“Latar belakang terciptanya program ini salah satunya yang saya harap juga yakni bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha perikanan yang mata pencahariannya berada di kawasan pesisir,” ujarnya di Aula Raja Inal, Senin (3/6/24) siang.

Hassanudin juga menyinggung Sumut yang memiliki potensi perikanan sebesar 1.821.088 ton per tahun dengan potensi perikanan budidaya sebesar 138.647.5 hektar.

Baca juga: Tugas Pj Wali Kota Tebing Tinggi dari PJ Gubsu Hassanudin

Menurut data tersebut, Mantan Pangdam I Bukit Barisan tersebut juga mengungkapkan profesi nelayan memiliki potensi besar bagi Sumut sekaligus resiko yang besar bagi dirinya sendiri.

“Risiko nelayan itu besar dan beragam, mulai dari kecelakaan kerja, meninggal dunia dan cacat berpotensi,” ungkap Hassanudin.

Karena hal itu Hassanudin juga sangat mendukung program Nembush yakni salah satunya keberlangsungan dari adanya asuransi bagi nelayan yang sudah diterapkan sejak 2011 hingga saat ini di Sumatra Utara.

“Sejak 2011 sampai sekarang sudah ada 64.557 nelayan yang diasuransikan, atau sekitar 45.6 persen. Sedangkan untuk 2024 ini dana APBD untuk asuransi nelayan sudah disiapkan untuk 6000 nelayan di 22 kabupaten kota” tuturnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles