18.8 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Pj Gubernur Sumut Minta Semua Pihak Tunggu Keputusan Resmi KPU

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring Pemilu yang melibatkan Forkopimda Sumut dan kepala daerah se-Sumut, Rabu (14/2/24).

Dalam rapat daring di Aula Tengku Rizal Nurdin, Hassanudin menyampaikan pesan penting untuk menjaga suasana kondusif dan tenang hingga seluruh tahapan pemilihan selesai.

Meski beberapa lembaga survei telah menyajikan hasil hitung cepat, Hassanudin menegaskan perlunya menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
Dalam suasana yang masih panas pasca-pemilu, Pj Gubernur Sumut menyerukan ketenangan dan partisipasi aktif masyarakat untuk mengawal proses penghitungan resmi.

“Sebaiknya semua pihak tenang, menunggu keputusan KPU. Proses-proses untuk menjamin penghitungan resminya juga masih berlangsung dan masih perlu partisipasi aktif masyarakat mengawal proses itu berlangsung kondusif,” ungkap Hassanudin.

Baca juga: Hasil Quick Count Paslon Nomor 02, Ganjar Sebut Banyak Pelanggaran

Pj Gubernur juga meminta para kepala daerah untuk terus mewaspadai potensi kerawanan yang mungkin terjadi hingga tahapan Pemilu selesai sepenuhnya. Ia menekankan bahwa tahapan pemungutan suara bukanlah akhir dari rangkaian Pemilu, melainkan masih ada beberapa tahapan hingga penetapan hasil.

Kapolda Sumut, Agung Setya Imam Effendi, menyambut baik langkah-langkah konkret yang telah diambil selama proses pemungutan suara berlangsung. Meskipun demikian, Kapolda mengingatkan bahwa tahapan Pemilu belum usai, dan mitigasi diperlukan untuk menghadapi potensi risiko yang mungkin muncul.

Pangdam I/Bukit Barisan, Mochamad Hasan, turut memberikan pandangan serupa. Ia menekankan perlunya langkah-langkah antisipatif dan melibatkan media dalam menjaga kondusifitas. “Rekan media menjadi ujung tombak kita untuk menjaga kondusifitas di daerah kita masing-masing,” Jelas Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, pemerintah kabupaten/kota bersama Forkopimda melaporkan bahwa pelaksanaan Pemilu serentak di daerahnya masing-masing berjalan dengan aman, damai, lancar, dan kondusif.

Melalui Rakor ini, Pj Gubernur Sumut memastikan bahwa koordinasi antara pemerintah daerah dan aparat keamanan tetap terjaga untuk memastikan pelaksanaan pemilu berjalan dengan sukses dan kondusif. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles