10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Petani Berusia 96 Tahun Asal Madina Berangkat Haji untuk Kedua Kalinya

Medan, MISTAR.ID

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) siap memberangkatkan 24 kelompok terbang (kloter) calon jemaah haji (Calhaj) asal Sumatera Utara (Sumut).

Hari ini, Selasa (23/5/23) sebanyak 360 Calhaj kloter 1 telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Medan dengan jumlah 131 laki-laki dan 229 perempuan. Kloter 1 sendiri dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci Saudi Arabia pada besok hari, Rabu (23/5/23) pukul 07.45 WIB.

Calhaj kloter 1 didominasi berasal dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang 20 persennya merupakan lansia.

Baca juga: Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Sumut Asal Madina Tiba di Medan, 20 Persennya Lansia

Salah satu Jemaah bernama Abbas Sadmi Saif yang merupakan Calhaj tertua dari kloter 1 Sumut, berasal dari Kelurahan Aek Galoga, Kecamatan Pidoli Lombang, Kabupaten Mandailing Natal.

Saat ini Abbas telah menginjak usia 96 tahun. Di usianya yang sudah renta, tak melunturkan niat dan semangatnya untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima ini.

“Alhamdulillah sehat. Ini ibadah haji yang kedua kalinya untuk saya,” ucapnya dengan sayu kepada Mistar.id.

Pertama kalinya Abbas berangkat haji pada tahun 2010 lalu. Dalam pelaksanaan ibadah haji kali ini, ia tak sendirian, Abbas ditemani sang istri yang juga sudah lanjut usia.

Baca juga: Kemenag: 24.276 Calon Jamaah Haji yang Belum Lunasi BIPIH Dialihkan

Di usia Abbas yang sudah tak muda lagi, membuatnya tak kuat lagi untuk berdiri. Hal tersebut mengharuskan Abbas menggunakan kursi roda selama pelaksanaan ibadah haji yang nantinya dibantu panitia maupun jemaah lainnya.

Sehari-hari Abbas adalah seorang petani. Ia mengumpulkan uang dari upah yang diperolehnya untuk mendaftarkan diri menjadi calon jemaah haji. Walaupun begitu, Abbas dikabarkan membayar iuran sebesar Rp48 juta secara kontan.

Untuk berangkat haji yang kedua kalinya, setidaknya Abbas harus menunggu selama 10 tahun.

Baca juga: Bupati Tepung Tawari 750 Jemaah Calon Haji Deli Serdang, Kloter 2 Berangkat 24 Mei 2023

“Saya daftar sejak tahun 2013 dan baru berangkat tahun ini,” tuturnya.

Dengan tekad dan usaha yang gigih, membuat Abbas yakin dapat melaksanakan ibadah haji untuk yang kedua kalinya.

“Usahalah, berjuanglah,” cetusnya singkat.

Tak sampai di situ, ia pun bersyukur masih diberi kesehatan dan usia yang panjang untuk dapat menunaikan ibadah haji pada tahun ini. (Deddy/hm21).

Related Articles

Latest Articles