22.3 C
New York
Saturday, August 17, 2024

Pertunjukan Reog dan Pameran Seni Meriahkan HUT RI di Mall Medan

Medan, MISTAR.ID

Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) menjadi hal yang sangat istimewa bagi masyarakat. Salah satunya di Mall Medan yang menghadirkan Pertunjukan Reog Ponorogo, Sinden, Pameran Seni, hingga berbagai Perlombaan Rakyat.

Dijelaskan Marcomm Manager Deli Park, Gumi bahwa kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi bentuk kontribusi dalam memperkenalkan kembali keberagaman budaya di Indonesia kepada setiap pengunjung.

“Kami ingin menciptakan kenangan yang tidak terlupakan di momen 17 an ini. Maka kami hadirkan pertunjukkan Reog Ponorogo, dan Musik Tradisional (Sinden) dan berbagai jenis perlombaan lainnya,” sebutnya saat diwawancarai wartawan, Sabtu (17/8/2024).

Selain itu, kegiatan HUT RI ini juga diisi dengan pameran seni dan keterampilan yang menggandeng Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai pengisi dalam acara Pameran Seni dan Pertunjukan Seni.

Baca juga:Meriahkan HUT RI ke-79, Disdikpora Samosir Gelar Pameran Kurikulum Merdeka

“Hasil karya asli mahasiswa UNIMED ini bertemakan Nusantara Culture. Ada 100 lebih karya seni yang dipamerkan kepada pengunjung secara gratis yang bisa dilihat di Riva Park Lantai UG,” ungkapnya.

Kegiatan seni lainnya juga diisi dengan berbagai macam workshop mulai dari workshop batik, workshop gambar sketsa, workshop tanah liat, dan workshop sablon yang bisa diikuti oleh pengunjung dengan syarat tertentu.

Saat ditanya kenapa menghadirkan Reog Ponorogo? Gumi mengungkapkan bahwa tahun lalu telah menghadirkan budaya Sumatera Utara (Sumut). Maka tahun ini memilih menghadirkan tema dari budaya Jawa.

“Nah, tahun ini kita lebih ke budaya Jawa. Kita hadirkan pertunjukan Reog yang biasanya dilihat di parade karnaval tapi kita bawa ke mall. Tujuan cuma satu agar masyarakat atau pengunjung kita yang belum pernah liat Reog maka bisa melihatnya secara langsung. Begitu juga perlombaan rakyat yang digelar disini, menjadi kesempatan untuk mereka ikut berpartisipasi bila tidak bisa mengikuti di lingkungannya,” pungkasnya. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles