14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Industri Perhotelan

Medan, MISTAR.ID

Sekitar 100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diajak PT Pertamina (Persero) untuk berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam penyelenggaraan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 10-11 Agustus 2022.

Manager SMEPP Pertamina Rudi Ariffianto dalam sambutannya menyampaikan, para pelaku UMKM harus terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menghadapi masa kebiasaan baru setelah pandemi.

Baca Juga:Pengendara Sepeda Motor Tak Perlu Daftar MyPertamina

“Pertamina melalui program PUMK hadir di tengah-tengah masyarakat untuk tumbuh dan berkembang sebagai langkah nyata peningkatan usaha menjadi produktif, efisien dan tentu saja profitable,” ujarnya melalui keterangan resminya, Minggu (14/8/22).

Kegiatan ini sebagai langkah tindak lanjut dari peningkatan sektor pariwisata yang menjadi peluang peningkatan ekonomi UMKM.

Pertamina mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga:Pertamina Gelar Sosialisasi dan Pendaftaran Subsidi BBM Tepat Sasaran di Pematang Siantar

Untuk itu, dalam menjalankan perannya Pertamina bekerja sama dengan Kemenparekraf berupaya untuk memberdayakan dan mengembangkan serta memfasilitasi UMKM dengan menggelar business matching yang bertujuan mempertemukan antara pelaku UMKM dengan industri perhotelan.

Dalam rangkaian businnes matching ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di DPSP Danau Toba, yang menjembatani para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya agar terjadi transaksi penjualan.

Para pelaku UMKM sebelumnya sudah mendapatkan pembekalan berupa pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga:Pertamina Dukung Pengembangan UMKM di DPSP Danau Toba

Pelatihan difokuskan mempelajari komunikasi bisnis dan teknik negosiasi bagi pelaku UMKM agar memiliki rasa percaya diri ketika harus berhadapan langsung dengan potensial buyer untuk mempresentasikan produk unggulannya.

Vice President CSR & SMEPP Management Fajriyah Usman memastikan para UMKM mitra binaan di Danau Toba mampu menyuguhkan produk-produk unggulan berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan brand besar.

“Saya optimis para pelaku UMKM sudah siap bersaing dan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan peluang penjualan,” ujarnya. (anita/hm14)

Related Articles

Latest Articles