12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Perkuat Internasionalisasi, UMSU Hadiri JWG 2022 di Valenciennes Prancis

Medan, MISTAR.ID

Untuk memperkuat program internasionalisasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bersama puluhan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka se-Indonesia ikut serta dalam kegiatan Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis yang dihelat pada 28-29 Juni 2022.

Tahun ini, JWG sendiri diadakan di Kota Valenciennes Prancis, kota kecil yang berada dekat perbatasan Perancis-Belgia.

Rektor UMSU Prof Agussani mengutus Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Assoc Prof Rudianto untuk menghadiri agenda rutin tahunan yang sudah dilaksanakan sebanyak 12 kali tersebut. Sebelumnya, UMSU juga ikut berpartisipasi pada JWG 2018 di Poitiers Prancis.

Baca Juga:UMSU dan IFI Komitmen Lanjutkan Kerja Sama

JWG 2022 yang mengambil tempat di Kampus Universitas Politeknik Haut de France Valenciennes, dihadiri Kepala BRIN L Tri Handoko, Sekjen Kemdikbud Suharti PhD, Dirjen Diktiristek Prof Nizam, Sesditjen Prof Tjitjik, serta perwakilan pemerintah Prancis antara lain dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Lembaga Penelitian.

Rudianto mengatakan, dalam kegiatan JWG dilakukan pemaparan tentang perkembangan kerja sama bidang riset, pendidikan tinggi dan entrepreneur antara lembaga dan perguruan tinggi kedua negara.

“Selain itu, pada kesempatan tersebut setiap institusi berkesempatan mengembangkan kerja sama dan mendapatkan mitra baru serta menawarkan program-program unggulannya,” ujar Rudianto, Kamis (30/6/22).

Dikatakannya, UMSU hadir ke JWG 2022 dengan membawa 6 proposal riset kerja sama, serta menawarkan program inbound dan outbound baik untuk mahasiswa maupun bagi dosen.

Baca Juga:FK UMSU Gelar Lokakarya Akreditasi Internasional

Diharapkan, pada masa mendatang akan ada penelitian bersama antara dosen UMSU dengan dosen dari perguruan tinggi di Prancis.

“Begitu juga untuk pertukaran mahasiswa dan dosen, sangat berpeluang terjadi kerja sama silang antara UMSU dan universitas yang ada di Prancis,” ungkapnya.

Rudianto menyebutkan, kehadiran UMSU dalam acara JWG 2022 atas undangan Atas Kerja Sama Perguruan Tinggi Kedubes Prancis Philomene Robin yang beberapa waktu lalu datang ke kampus UMSU.

“Selama ini UMSU telah menjalin kerja sama dengan kedubes Prancis melalui Institut Francais d Indonesia (IFI) dengan berbagai implementasi antara lain France Corner dan kegiatan kultural dan akademik,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles