26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Peringati Hari Raya Waisak, Ribuan Umat Buddha Padati Wihara Sakyamuni

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka perayaan hari Tri Suci Waisak 2568 Buddhis Era (BE) tahun 2024, ribuan umat Buddha padati Wihara Sakyamuni Buddha Indonesia, yang berada di kompleks perumahan Cemara Asri, Desa Sampai, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, sajak Kamis (23/5/24) pagi tadi.

Di lokasi (Wihara-red) tampak proses ibadah Tri Suci Waisak pun berlangsung dengan khidmat, tertib, aman dan nyaman. Dengan membawa berbagai peralatan untuk berdoa, ratusan umat terlihat bergantian datang ke lokasi.

Masyarakat yang ingin berdoa datang bersama keluarga dan sanak saudara. Mulai dari pembakaran dupa hingga prosesi doa sesuai ajaran agama Buddha masih berlangsung di sana.

Baca juga: Ketua DPRD Medan Ajak Umat Buddha Pererat Kerukunan di Perayaan Waisak

Salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan rangakaian ibadah sudah berlangsung sejak, Rabu (22/5/24).

“Sejumlah rangkaian acara, mulai dari upacara Pindapata (persembahan bagi Sang Buddha), Uposatha, Pujabakti, Meditasi, dan Pradaksina,” ujarnya Kamis (23/5/24).

Dia menambahkan, perayaan Trisuci Waisak tahun ini mengusung tema Keharmonisan Peran Penting Dalam Kedamaian, Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Perlu diketahui, detik-detik peringatan hari perayaan Tri Suci Waisak ini akan berlangsung nanti malam sekitar pukul 20.58 WIB. Kegiatan akan dimulai dari doa bersama dan pelepasan lampion. (matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles