25.9 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Ketua DPRD Medan Ajak Umat Buddha Pererat Kerukunan di Perayaan Waisak

Medan, MISTAR.ID

Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim mengimbau umat Buddha agar menjadikan Waisak 2024/2568 BE sebagai momentum merajut kerukunan yang lebih baik serta menjaga toleransi agama.

“Saatnya menjalin sinergi untuk bersama-sama memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan bangsa ke depan,” ucap Hasyim, Kamis (23/5/24).

Dalam perayaan Waisak ini, Hasyim berharap toleransi antar umat beragama dapat terjalin erat di Kota Medan.

“Karena itu, seluruh umat beragama di Medan, khususnya umat Buddha diharapkan menjadikan perayaan Waisak sebagai momentum merajut kembali rasa persatuan, persaudaraan dan kerukunan,” harapnya.

Baca juga: Perayaan Hari Waisak, Dishub Medan Rekayasa Lalin di Sekitar Lapangan Benteng

Hasyim menyebut, kerukunan merupakan persyaratan pembangunan. Untuk itu, di tengah situasi politik saat ini, masyarakat jangan mau terpecah belah.

“Jadi mari kita tetap memperkokoh persatuan dan kesatuan,” sebutnya.

Ketua DPC PDIP Kota Medan ini menjelaskan, dibalik Waisak ada tiga peristiwa penting (Trisuci Waisak), yakni kelahiran Siddhattha Gotama di Taman Lumbini pada tahun 623 SM, kecerahan atau pencapaian Nibbāna oleh Siddhattha Gotama sehingga menjadi seorang Buddha di Buddhagayā (Bodh Gaya) saat berusia 35 tahun pada tahun 588 SM.

“Yang terakhir wafatnya Buddha Gotama dalam keadaan sudah mencapai Nibbāna (parinibbāna) di Kusinārā saat berusia 80 tahun pada tahun 543 SM,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles