7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

Penyerahan Hasil Penilaian Publik, Dorong Kepala Daerah Tingkatkan Pelayanan Publik di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Penyerahan hasil penilaian publik di 34 Pemerintah Daerah (Pemda) se-Sumatera Utara (Sumut) 2023 menjadi panggung bagi Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Arief S Trinugroho untuk mendorong komitmen para kepala daerah dalam meningkatkan pelayanan publik.

Acara yang digelar oleh Ombudsman ini menyoroti kunci keberhasilan layanan publik yang terletak pada komitmen dan dorongan kuat dari kepala daerah.

“ASN juga harus mendukung, menjadi agen perubahan di unit kerja masing-masing. Kita berkolaborasi dengan Ombudsman, fungsinya pembinaan kepada Pemkab/Pemko agar mereka masuk di zona hijau, dan semakin lama nilai kepatuhan pelayanan publik semakin baik,” ujar Arief, Selasa (23/1/24).

Baca juga : Ombudsman RI Berikan Hasil Penilaian Pelayanan Publik 34 Kabupaten Kota di Sumut

Dalam penilaiannya, Ombudsman menekankan empat variabel, yaitu input, proses, output, dan pengelolaan pengaduan.

Dalam pandangan anggota Ombudsman Dadan S Suharmawijaya, fokus penilaian bukan hanya pada jumlah pengaduan, melainkan seberapa banyak pengaduan yang diselesaikan oleh Pemkab atau Pemko.

Baca juga : Indeks Terendah, Pj Bupati Akui Buruknya Pelayanan Publik di Tapteng

Pjs Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sumut, James Marihot Panggabean menyatakan komitmen Ombudsman untuk memberikan pendampingan kepada Pemkab/Pemko yang berada di zona kuning guna peningkatan pelayanan publik. Dengan harapan ke depan, pelayanan publik semakin lebih baik.

Arief S Trinugroho menekankan pencapaian bukan hanya terlihat dari nilai atau zona hijau, melainkan dari dampak positif yang dirasakan masyarakat Sumut. (hutajulu/hm18)

Related Articles

Latest Articles