20.9 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Penyeberangan Danau Toba, Dishub Waspadai Cuaca Ekstrim

Simalungun, MISTAR.ID

Apabila Setiap libur panjang tiba maka jumlah penumpang yang ingin menyeberang ke Pulau Samosir pun selalu meningkat drastis.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Simalungun Sabar Saragih, melalui Kepala Seksi lalu lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Tulus Marbun.

Tulus Marbun mengatakan, peningkatan penumpang sudah terjadi sejak Kamis, dan hari ini pada siang sampai sore hari, diprediksi akan meningkat tinggi, baik di Pelabuhan Tigaras- Simanindo, atau Dermaga Tigaraja-Tuktuk dan Tomok.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (KSOPP), melakukan pengawasan terhadap penyeberangan.

Memperhatikan muatan kapal, data manifes dan faktor keselamatan lainnya.

Baca juga : Libur Lebaran Idul Adha, Okupansi Hotel di Kota Wisata Parapat Alami Peningkatan

Adapun muatan Kapal Motor atau kapal kayu, hanya diperbolehkan berkapasitas maksimal 30 Sepeda motor, dan operasional penyeberangan harus juga memperhatikan kecepatan angin.

“Untuk kapasitas itu sudah bisa 30 unit sepeda motor, karena memang kapal di Tigaras sudah dimodifikasi, muatan diposisikan tepat di tengah badan kapal” ucap Tulus Marbun.

“batas kecepatan angin, operasional akan dihentikan jika sudah mencapai 13 Knot” tambahnya.

Sedangkan cuaca saat ini, Marbun mengatakan berada di situasi ekstrim, karena cuaca sering berubah seketika, hal ini pun menjadi perhatian pihak Dishub dan Pelabuhan.(Roland/hm19)

Related Articles

Latest Articles