27.2 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

Norwegia, Irlandia dan Spanyol Akan Segera Akui Negara Palestina

Oslo, MISTAR.ID

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Stoere mengatakan, negaranya akan mengakui kemerdekaan negara Palestina. Hal ini diharapkan akan membantu terciptanya perdamaian dengan Israel.

Irlandia dan Spanyol juga akan mengumumkan pengakuan negara Palestina, menurut laporan Reuters, Rabu (22/5/24).

Anggota Uni Eropa Slovenia dan Malta juga telah mengindikasikan dalam beberapa minggu terakhir bahwa mereka berencana untuk membuat pengakuan tersebut, dengan alasan bahwa solusi dua negara sangat penting untuk perdamaian yang langgeng di wilayah tersebut.

Baca juga: Norwegia Jadi Negara Pertama yang Siap Tangkap Netanyahu

“Di tengah-tengah perang, dengan puluhan ribu orang tewas dan terluka, kita harus tetap mempertahankan satu-satunya hal yang dapat memberikan rumah yang aman bagi warga Israel dan Palestina: dua negara yang dapat hidup damai satu sama lain,” kata Stoere dalam konferensi pers, Rabu (22/5/24).

Sebelum pengumuman tersebut, sekitar 143 dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengakui negara Palestina.

Negara-negara Eropa telah mendekati masalah ini dengan cara yang berbeda. Beberapa negara, seperti Swedia, mengakui negara Palestina satu dekade yang lalu, sementara Prancis tidak berencana untuk melakukannya kecuali jika hal tersebut dapat menjadi alat yang efektif untuk membuat kemajuan menuju perdamaian.

Langkah-langkah tersebut dilakukan ketika pasukan Israel telah melakukan serangan di tepi utara dan selatan Jalur Gaza pada bulan Mei, menyebabkan eksodus baru ratusan ribu orang, dan secara tajam membatasi aliran bantuan, sehingga meningkatkan risiko kelaparan.

Baca juga: ICC Ajukan Surat Penangkapan Benjamin Netanyahu

Norwegia yang tidak tergabung dalam Uni Eropa telah lama mengatakan bahwa mereka akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara hanya jika hal tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap proses perdamaian, sejalan dengan apa yang telah dikatakan oleh Amerika Serikat mengenai masalah ini.

Norwegia adalah sekutu dekat AS, dan negara Nordik ini telah beberapa kali berusaha membantu menengahi perdamaian antara Israel dan Palestina dalam beberapa kesempatan dalam beberapa dekade terakhir. (mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles