15.6 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Pengangguran 100 Ribu Lebih, Pemko Medan Tawarkan Job Fair Mini di Tiap Kecamatan

Medan, MISTAR.ID

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran terbuka di Kota Medan mencapai 100.000 lebih. Untuk menekan angka pengangguran tersebut, Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) menawarkan kegiatan Job Fair mini di setiap kecamatan.

“Adapun tujuan kita menggelar Job Fair Mini untuk menjaring para pencari pekerjaan di setiap kecamatan. Dalam setahun kita menggelar Job Fair 10 kali di kecamatan berbeda. Dalam kegiatan ini kita juga berkolaborasi dengan kewilayahan,” ucap Kadisnaker Kota Medan Illyan Chandra Simbolon saat dikonfirmasi mistar.id, Kamis (31/8/23).

Dikatakan Illyan, sejauh ini Job Fair Mini yang digelar berhasil membuat perubahan yang cukup signifikan dan menekan angka pengangguran terbuka.

“Setiap Job Fair mini digelar, banyak masyarakat yang merupakan pencari kerja datang. Sejauh ini juga sudah banyak yang diterima di lowongan pekerjaan yang kita sediakan, namun sampai saat ini masih terus kita lakukan pendataan,” katanya.

Baca juga: Job Fair Mini, Pemko Medan Sediakan 1.600 Lowongan Pekerjaan

Dijelaskannya, Job Fair mini yang digelar pihaknya lantaran Job Fair berskala besar yang digelar terkesan kurang efektif. Sebab, banyak masyarakat yang terkendala untuk datang, baik dari jarak tempuh ke lokasi maupun halangan lainnya.

“Tahun lalu kita membuat Job Fair berskala besar di Hotel Tiara, namun sepertinya tidak bisa diakomodir semuanya, sehingga kita membuat terobosan untuk membuat Job Fair mini di setiap kecamatan. Dan Job Fair mini yang digelar di kecamatan, masyarakat bisa mendapat informasi langsung dari pihak kecamatan maupun medsos Disnaker Medan,” jelasnya.

Saat mencari kerja di Job Fair mini, sambung Illyan, para pencari kerja juga akan tetap mendaftar melalui aplikasi Sitem Informasi Terpadu Ketenagakerjaan (Si Duta) Disnaker Medan.

Baca juga: Atasi Pengangguran, Pemko Medan Buka 1.165 Loker di Job Fair Mini

“Tetap semua pendaftarannya melalui Si Duta. Nanti di setiap Job Fair mini, para pencari kerja akan kita fasilitasi mendaftar. Hal ini agar semua para pencari kerja bisa terdata oleh kita,” pungkas mantan Camat Medan Baru ini. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles