16.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Pemprov Sumut Tambah Kuota Mudik Gratis Bermartabat, 102 Bus Disediakan

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akhirnya menambah kuota untuk masyarakat Sumut yang ingin ikut Mudik Gratis Bermartabat melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut.

Seperti yang diungkapkan, Kepala Dishub Sumut, Agustinus saat diwawancarai Mistar, Rabu (12/4/23). Hal ini melihat tingginya antusias pemudik untuk mengikuti sarana Mudik Gratis Bermartabat yang disedikan Pemprov Sumut.

“Kita telah mendapat dukungan dari Pak Gubernur untuk menambahkan armada dalam mudik gratis ini. Jadi kita sudah ada kepastian ada penambahan anggaran dalam pengadaan sarana. Jadi, totalnya ada sekitar 102 kendaraan bus yang disediakan,” kata Agustinus.

Baca Juga:Sehari Pendaftaran Dibuka, Kuota Mudik Gratis Pemko Medan Langsung Penuh

Penambahan kendaraan ini tentunya bertambah pula kuota masyarakat yang ingin mudik. Dimana awalnya hanya 1.200 pemudik dengan menggunakan 30 bus. Kini diprediksi bisa menampung kurang lebih 4000 an pemudik.

“Kami harapkan ini bisa memfasilitasi para pemudik yang telah mendaftar sebelumnya,” terangnya.

Sehingga, saat ini Dinas Perhubungan Sumut telah membuka kembali pendaftaran bagi masyarakat yang ingin ikut dalam Mudik Gratis Bermartabat ini.

“Bagi masyarakat yang mudik kini bisa menggunakan fasilitas ini. Segera melalukan pendaftaran secara online karena sudah kita buka. Sebab rencananya tanggal 19 April ini kita akan mulai memberangkatkan pemudik yang akan dilepas Gubernur,” jelasnya.

Selain itu, Agustinus juga berencana akan buka pendaftaran secara offline agar cepat dimanfaatkan masyarakat dan kuota yang disediakan bisa terpenuhi.

Baca Juga:1.900 Orang Sudah Daftar Mudik Gratis, Dishub Sumut Akan Verifikasi Data Lagi

“Rencananya pendaftaran offline akan di lakukan di kantor dan di terminal-terminal. Mudah-mudahan lekas terisi kuota ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemprov Sumut melalui Dishub Sumut menggelar Mudik Gratis Bermartabat dengan rute, yakni Kota Medan dengan tujuan Penyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantau Prapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat dan Besitang.

Mudik gratis digagas oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, untuk mengurangi beban masyarakat saat menyambut Hari Raya Idulfitri 2023.

Untuk pendaftaran mudik gratis ini, cukup mengisi data pribadi melalui google form, yang tertera dalam bentuk barcode di flayer yang tersebar. Untuk pendaftarannya juga gratis atau tidak dipungut biaya. (Anita/hm01)

 

Related Articles

Latest Articles