-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Pemko Medan Siapkan 105 Bus Angkut 3.555 Pemudik di Program Mudik Gratis

Medan, MISTAR.ID

Program Mudik Gratis yang digelar Pemko Medan resmi ditutup setelah 6 hari buka pendaftaran. Sebanyak 105 unit bus ukuran kecil, sedang dan besar pun akan digunakan untuk mengangkut 3.555 warga yang hendak merayakan Lebaran Idul Fitri di kampung halamannya.

Hal ini terungkap dalam Rapat Finalisasi Program Mudik Gratis Pemko Medan yang diikuti camat dan pimpinan OPD di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Medan, Selasa (26/4/22)
sore.

“Bagi warga yang sudah mendaftar dapat mengambil tiket keberangkatan mulai hari ini (Rabu) sejak pukul 08.00 WIB, di Posko Dinas Perhubungan Medan Lapangan Merdeka,”
ucap Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakilkan Sekda Wiriya Alrahman.

Baca juga: Pemko Medan Fasilitasi Mudik Gratis, Catat Tanggalnya!

Dikatakannya, dalam pengambilan tiket, warga diwajibkan menunjukkan bukti sudah divaksin Covid-19. Kemudian, bagi warga yang belum vaksin, pihaknya sudah menyiapkan posko vaksinasi di Lapangan Merdeka.

Dijelaskannya, pelepasan bus program Mudik Gratis nanti langsung dilakukan Wali Kota Medan di Jalan Pulau Pinang mulai 29 April sampai 1 Mei 2022 dan calon pemudik
diwajibkan sudah berada di lokasi keberangkatan mulai pukul 07.00 WIB.

Wiriya mengungkapkan, Pemko Medan juga akan melaksanakan sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka. Di mana, Ketua MUI Kota Medan H Hasan Maksum akan bertindak sebagai khatib dan qori internasional H Jakfar Hasibuan sebagai imam.

“Para jemaah diwajibkan membawa sajadah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker,” ungkapnya.

Baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Masyarakat Mudik Gratis Mencapai 3.389 Orang

Untuk pawai takbiran, kata Wiriya, Pemko Medan akan melakukan di 2 titik, yakni Lapangan Merdeka dan Medan Belawan.

“Rute untuk pawai takbiran di Medan Belawan dimulai dari Jalan Sumatera (eks kantor Kejari Belawan) dan finis di Tanah Enam Ratus Medan Marelan. Sedangkan rute di Lapangan Merdeka dimulai dari Jalan Pulau Pinang dan finis di Stadion Teladan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada empat rute mudik yang dilayani dalam Program Mudik Gratis Pemko Medan. Pertama, Medan– Rantauprapat – Kota Pinang – Gunungtua – Palas – Sibuhuan. Kedua, Medan – Tarutung – Sipirok – Padangsidempuan – Panyabungan – Natal. Ketiga, Medan – Tarutung – Sibolga – Panyabungan. Keempat, Medan – Sidikalang – Pakpak Bharat. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles