23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemko Medan Belum Keluarkan Izin Pesta Kembang Api Saat Nataru

Medan, MISTAR.ID

Dua tahun bergelut dengan pandemi Covid-19, tak heran jika warga Kota Medan sangat menantikan perayaan kembang api saat Tahun Baru 2023 nanti.

Namun hingga kini, Pemko Medan belum ada memberikan izin perayaan kembang api pada Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Sejauh ini belum ada arahan dari Pak wali kota terkait diperbolehkan atau tidak pesta kembang api di Kota Medan saat Nataru nanti,” ucap Kasatpol PP Kota Medan Rakhmat Harahap saat dihubungi MISTAR.ID, Jumat (18/11/22).

Baca Juga:Apakah Pesta Kembang Api Akhir Tahun Akan Digelar di Siantar? Ini Kata Dispora

Rakhmat menyebut, saat ini Kota Medan masih berstatus PPKM Level I dan Wali Kota Medan juga baru mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait penyebaran Covid-19.

“Kondisi saat ini masih pandemi, hal itu terbukti dengan keluarnya instruksi dari pemerintah pusat terkait Covid-19. Sementara kalau pesta kembang api akan mengundang terjadinya kerumunan. Untuk itu kita harap tidak ada pesta kembang api, namun kita tetap menunggu arahan terlebih dahulu,” kata Rakhmat.

Bila nanti ditiadakannya pesta kembang api, lanjut Rakhmat, keputusan tersebut merupakan usaha pemerintah dalam memutus penyebaran Covida-19 di Kota Medan.

“Memang saat ini penyebaran Covid-19 rendah, namun masih ada. Kami harap masyarakat bisa mengerti, sebab ini untuk kemaslahatan bersama,” jelasnya.

Baca Juga:Jelang Pergantian Tahun, Polres Siantar Imbau Masyarakat Tidak Adakan Pesta Kembang Api

Salah seorang warga, Hamdi Husni Manurung mengaku, dirinya juga mendukung ditiadakannya pesta kembang api pada Nataru nanti.

Pasalnya, kerumunan massa akan berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Saat ini Covid-19 sudah hampir selesai, oleh sebab itu saya harap Covid-19 kita selesaikan dahulu sampai tidak ada lagi ditemukan masyarakat yang terpapar Covid-19. Apalagi saat ini ada varian baru Covid-19,” ucapnya.(rahmad/hm10)

Related Articles

Latest Articles